Sahlil Dinobatkan Selaku Dt. Rajo Bagindo Lelo Tiang Panjang


Senin, 07 Oktober 2019 - 20:21:17 WIB
Sahlil Dinobatkan Selaku  Dt. Rajo Bagindo Lelo Tiang Panjang Pengambilan sumpah penobatan Dt. Rajo Bagindo Lelo Tiang Panjang Nan Tigo di Urek Durian Simpai. BADRI.

DHARMASRAYA,HARIANALUAN.COM - Sahlil resmi dinobatkan selaku Dt. Rajo Bagindo Lelo Tiang Panjang Nan Tigo di Urek Durian Simpai, oleh Dt. Bandaro Sati  Raja Jambu Lipo,  Lubuak Tarok, Kabupaten Sijunjung, Senin (7/10) di Rumah Gadang Suku Malayu Kampai, Dusun Koto Lamo, Jorong Durian Simpai, Nagari Koto Nan IV Dibawuah, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya.

Dalam alek batagak pangulu oleh Kaum Tiang Panjang jorong durian simpai ini, di hadir Wali Nagari Koto Nan IV Dibawuah, Ketua KAN Nagari Koto Nan IV Dibawuah, Dt. Bagindo Malano dari pasak malintang dari Nagari sungai kambuik beserta puti bulian, Dt. Saru Rajo dari Nagari Takuang, Kabupaten Sijunjung, Bundo Kanduang, Limpapeh Rumah Nan Gadang, Sumarak anjuang paranginan, awih katampek mamintak ayia, lapa katampek kamamintak nasi, angku-angku Datuak, Niniak mamak, alim ulama, Cadiak pandai, toko masyarakat, pemuda dan pemudi setempat, juga tampak hadir Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Nagari Koto Nan IV Dibawuah.

Baca Juga : Warga Aceh Geger! Temuan Kerangka Manusia Terbungkus Mukena

Kesempatan itu, Dt. Bandaro Sati Kerajaan Jambu Lipo, saat di konfirmasi menyebutkan, semoga Dt. Rajo Bagindo Lelo setelah di nobatkan bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin, ibarat pepatah anak di pangku keponakan di bimbiang intinya tidak ada membeda bedakan dalam memimpin kaum maupun masyarakat luas yang salah itu salah dan yang benar itu benar.

Selain itu, Firman, Bagindo Rajo Sutan Ameh, juga menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitunya penobatan adat di Nagari Koto Nan IV Dibawuah, seiring Rajo turun dari rantau, ini sudah tradisi di adakan satu kali dalam dua tahun di Kecamatan Lubuk Tarok, dengan wilayahnya Kabupaten Dharmasraya hingga ke Kabupaten Solok Selatan, dalam perjalanan itu memakan waktu hingga lebih dari satu bulan, kebetulan acara acara di tiap kampung Nagari itu dilaksanakan saat Rajo menjalan rantau, kebetulan pada hari ini kita adakan acara penobatan Dt. Rajo Bagindo Lelo Tiang Panjang Nan Tigo di Urek Durian Simpai.

Baca Juga : Belasan Rumah dan Kios Rusak Diterjang Puting Beliung

Harapannya, bahwa pemerintah hanya melirik persatuan masyarakat hukum adat, padahal UUD 1945 Pasal 18 ayat 1 Negara mengatur kesatuan hukum adat bukan persatuan hukum adat kesatuan hukum adat yang sudah tumbuh sebelum Nagara Republik Indonesia, pemerintah kedepan hendaknya harus melirik kesatuan hukum adat ini.

Sementara, Dt. Rajo Bagindo Lelo Tiang Panjang, mengungkapkan ribuan terimakasih terhadap Dt. Bandaro Sati kerajaan jambu lipo lubuak tarok serta lainnya telah mempercayai dirinya membawakan gelar Dt. Rajo Bagindo Lelo, dan dirinya berjanji akan menjalankan amanah ini sebaik mungkin memimpin dalam kaum maupun di Nagari.

Baca Juga : Penghargaan dari 24 Media Online Riau Diberikan untuk Danrem 031/WB

Dari pantauan Haluan di lapangan, acara penobatan ini berjalan aman dan lancar, dengan dilakukan mela­lui pidato adat yang bersahutan sahutan untuk mencari “ bulek sagiliang” agar nantinya gelar itu di himbaukan di “ pasa nan rami, labuah nan golong” artinya di himbaukan di tengah masyarakat, dan selanjutnya di sumpah dengan menjunjung sebuah kitab Al-Qur'an. (h/bdr).

Reporter : BADRI ALAINA | Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]