Wajib Tahu! Tidak Mengurangi, Tiga Makanan Ini Justru Menambah Stres


Selasa, 08 Oktober 2019 - 11:14:21 WIB
Wajib Tahu! Tidak Mengurangi, Tiga Makanan Ini Justru Menambah Stres ilustrasi kopi dan kafein.

HARIANHALUAN.COM -- Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Hal tersebut ditimbulkan karena banyak faktor, seperti kesibukan dan padatnya rutinitas. Rasanya sulit untuk berpikir jernih karena otak kita terasa sangat sesak akan berbagai hal yang terlalu rumit menjadi satu.

Jika hal ini terjadi, pasti kamu akan melampiaskan untuk mencoba meredakan rasa stres tersebut. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan atau minuman. Namun, jika tidak ingin stres makin parah, kita perlu hati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Baca Juga : Ada Sekitar 93 Unit IPPKH Aktif di Kalimantan Selatan

Ada bahan makanan dan minuman tertentu yang sebaiknya dihindari saat sedang stres. Dilansir dari laman Everyday Health, di bawah ini ada beberapa hal yang harus dihindari ketika sedang stres. Apa saja, ya?

1. Kafein
Minuman seperti kopi dan teh bisa bantu meningkatkan fokus dan konsentrasi mental bila dikonsumsi dalam kadar yang sedikit. Tapi bila dikonsumsi secara berlebihan, efeknya bisa cukup negatif. Seperti menyebabkan perasaan cemas dan malah makin stres. Molly Kellogg, LCSW, CEDRD, seorang ahli psikoterapi dan ahli gizi di Philadelphia mengungkapkan konsumsi kafein berlebihan bisa memperburuk kondisi stres yang dialami.

Baca Juga : Lagi, Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di Cagar Alam Maninjau

2. Alkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali tidak disarankan, baik saat sedang stres maupun sedang tidak stres. Hanya saja kita sering mendengar anggapan bahwa stres bisa diatasi dengan minum minuman beralkohol untuk menenangkan saraf. Namun yang sebenarnya terjadi adalah minum minuman beralkohol hanya akan menyulitkan kita meredakan stres dalam jangka waktu lama, bahkan membuat kita makin depresi.

Belum lagi dengan pengaruh konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan penyakit kronis. Jangan sampai kita malah mengorbankan kesehatan kita karena kurang berhati-hati dalam memilih apa yang kita minum atau makan saat sedang stres, ya.

Baca Juga : DLH Tanam Ribuan Bibit Produktif di 19 Taman Kota Padang

3. Gula rafinasi
Gula rafinasi yang banyak dijumpai dalam kue kering, keik, dan permen bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan menurun dengan cepat. Saat sedang stres, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula rafinasi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada bulan Juli 2017 di Scientific Reports menemukan bahwa meningkatnya konsumsi gula rafinasi justru akan menambah risiko depresi. (*)

Editor : AGE

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 19:50:43 WIB

    Ada Sekitar 93 Unit IPPKH Aktif di Kalimantan Selatan

    Ada Sekitar 93 Unit IPPKH Aktif di Kalimantan Selatan Secara umum, luas total kawasan hutan di Provinsi Kalsel kurang lebih 1.664.000 Ha, dimana seluas kurang lebih 950.800 Ha merupakan kawasan hutan lindung dan produksi..
  • Kamis, 21 Januari 2021 - 22:43:48 WIB

    Lagi, Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di Cagar Alam Maninjau

    Lagi, Rafflesia Tuan-Mudae Mekar Sempurna di Cagar Alam Maninjau Satu individu bunga langka dan dilindungi jenis Rafflesia Tuan-Mudae mekar sempurna di kawasan hutan Cagar Alam Maninjau, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Rabu (20/1/2021) kemarin. .
  • Selasa, 19 Januari 2021 - 18:15:59 WIB

    DLH Tanam Ribuan Bibit Produktif di 19 Taman Kota Padang

    DLH Tanam Ribuan Bibit Produktif di 19 Taman Kota Padang Dalam rangka untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau bernilai ekonomis, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mengupayakan bibit tanaman produktif di Kota Padang..
  • Ahad, 17 Januari 2021 - 23:17:49 WIB

    Terumbu Karang Rusak, Nelayan di Tiku Mengeluh

    Terumbu Karang Rusak, Nelayan di Tiku Mengeluh Sejumlah nelayan di Tiku, Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam mengeluh banyaknya terumbu karang yang rusak. Akibatnya, hasil tangkapan mereka mengalami penurunan. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten, Agam Ar.
  • Ahad, 17 Januari 2021 - 18:29:32 WIB

    Pembersihan Sampah Pantai Padang Terkendala Alat Berat

    Pembersihan Sampah Pantai Padang Terkendala Alat Berat Tumpukan sampah yang belum tertangani hingga saat ini diduga lantaran keterbatasan peralatan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menyebut penanganan sampak di Kota Padang mesti menggunakan alat berat dari Dinas Pekerjaa.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]