Kerjasama dengan Kominfo, PNP Gelar Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2


Selasa, 08 Oktober 2019 - 11:52:20 WIB
Kerjasama dengan Kominfo, PNP Gelar Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2 Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 gelombang 2 di Politeknik Negeri Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali bekerjasama dengan Kominfo Sumbar dalam menggelar Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 gelombang 2, Jumat (4/10). Acara yang digelar di kampus PNP hingga tanggal 10 Oktober itu bertujuan mencetak talenta digital dalam menghadapi era 4.0.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri mengatakan, DTS merupakan program beasiswa untuk program pelatihan junior graphic designer, junior mobile programmer, junior network administrator dan junior web developer. Pada gelombang 1, ada sekitar 200-an siswa SMK dan pada gelombang kedua ini ada sekitar 150 orang peserta. 

"Output dari kegiatan ini adalah sertifikasi peserta pada hari ini. Sebagai institusi, PNP mempunyai peran mengembangkan SDM. Politeknik adalah lembaga pendidikan yang produknya adalah SDM," ucapnya.

Lebih lanjut katanya, perkembangan dunia digital dan potensi start up sangat berkembang di Indonesia. "Indonesia perlu meningkatkan digital talent. Dunia masa depan akan berbasis digital. Pasar hanya akan butuh orang orang yang punya skill, knowledge dan attitute yang baik. Pilihan ada di kita. Kedepan apakah kita menjadi pasar atau pemain," ungkap Yondri.

Dia menambahkan, kedepan akan ada pekerjaan-pekerjaan yang tidak ada lagi dan tidak membutuhkan kembali manusia sebagai sumber dayanya tapi akan digantikan oleh robot ataupun mesin. "Yang perlu kita buat, bagaimana kita menjadi apa. Kalau ingin menjadi sesuatu jangan buat diri bergantung pada orang lain. Sumber ilmu bukan hanya di guru. Kalau attitute baik, semua akan baik," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo, Irbar Samekto mengatakan, selain persiapan era 4.0, Indonesia juga akan mengalami bonus demografi yang diperkirakan tahun 2030-2035 mendatang. "Indonesia akan menghadapi bonus demografi, maka antisipasinya dari sekarang adalah mempersiapkan SDM yang harus dipoles dan diasah serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan generasi muda saat ini," jelasnya. (h/mg-yes)


Reporter : Yessi Swita /  Editor : AGE


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM