Baznas Siapkan Rp1 M untuk Bantuan Masuk PTN


Selasa, 08 Oktober 2019 - 16:35:01 WIB
Baznas Siapkan Rp1 M untuk Bantuan Masuk PTN ilustrasi

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan bantuan program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Selasa (8/10).

Ketua Baznas Tanah Datar Emrizal menyampaikan sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat umat Islam, Baznas mempunyai beberapa program bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusian dan ekonomi.

"Hari ini kita salurkan zakat sebesar Rp. 85 juta lebih untuk 31 orang yang lulus di PTN dan Rp574 juta untuk 28 orang program rehab rumah,” kata Emrizal yang didampingi pengurus lainnya.

Untuk bantuan pendidikan sudah disalurkan sebanyak Rp167 juta dengan rincian bantuan pendidikan ke Timur Tengah untuk 3 orang sebesar Rp.30 juta, bantuan kuliah di dalam negeri sebesar Rp.51,9 juta dan bantuan masuk PTN sebesar Rp85,325 juta.

Sementara untuk bantuan rehab rumah dalam bentuk penyediaan bahan bangunan masing-masing 2 orang per kecamatan menerima senilai Rp20 juta.

Emrizal mengatakan Baznas Tanah Datar terus mengoptimalkan penyaluran zakat dari yang dikumpulkan. “Hari ini diakui penerimaan zakat di Tanah Datar semakin menurun dengan peralihan kewenangan pendidikan SLTA ke provinsi. Tahun 2019 maksimal bisa terkumpul sekitar Rp7 miliar sementara tahun-tahun sebelumnya di angka Rp. 9,8 miliar dan Rp. 10,8 miliar,” katanya.

Untuk mensiasatinya, Emrizal juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menghimbau ASN, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD untuk memaksimalkan pengumpulkan zakat tidak hanya gaji tetapi tunjangan lain yang diterima.

Bupati Irdinansyah Tarmizi kembali menyampaikan komitmen pemerintah daerah menyentuh kebutuhan masyarakat.
“Di awal kepemimpinan kami, begitu banyak permintaan secara langsung untuk bantuan pendidikan, biaya berobat dan bantuan usaha,” ujar Irdinansyah didampingi Sekretaris Dinas Sosial PPPA Dadan Hendarsyah.

Irdinansyah menerangkan, dengan program berkantor sehari di nagari dan mengikutkan perangkat daerah dan instansi yang terkait langsung banyak ditemukan masalah terutama administrasi kependudukan, asuransi kesehatan dan rumah tidak layak huni.
“Untuk itu pemerintah daerah bersama perangkat daerah melahirkan berbagai inovasi dan kebijakan menjawab permasalah di masyarakat,” katanya.

Untuk pendidikan, pemerintah daerah sudah bertekad membantu biaya masuk PTN bagi siswa dari keluarga tidak mampu dengan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Cerdas (Gerbang Cerdas) serta rehab rumah tidak layak huni dengan program Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap).

“Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya, tahun ini kita salurkan hampir Rp1 miliar mengantarkan anak Tanah Datar bisa kuliah di PTN, program ini kita yakini tidak hanya sekedar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat,” kata bupati.

Untuk program Gapura Mantap, jelas Irdinansyah menurut data ada sekitar 3.600 rumah tidak layak huni di Tanah Datar.

“Pemerintah daerah memaksimalkan program rehab rumah tidak layak huni dari berbagai sumber pembiayaan APBN, APBD, APB Nagari, CSR dan donatur,” katanya lagi.
Menjelang berakhir RPJMD, ada sekitar 800 rumah lagi yang diupayakan untuk dibantu, katanya. (h/fma)


Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 16:22:05 WIB

    Baznas Pasbar Terbaik Tingkat Nasional

    Baznas Pasbar Terbaik Tingkat Nasional PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali ukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini giliran Baznas Pasbar yang mendapatkan penghargaan Kabupaten dengan Baznas Terbaik se-Indonesia dalam kategori Pe.
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:21:53 WIB

    Bahagianya Para Mustahik Ini Usai Menerima Bantuan dari Dana Zakat Baznas Pasaman

    Bahagianya Para Mustahik Ini Usai Menerima Bantuan dari Dana Zakat Baznas Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, salurkan dana bantuan sebesar Rp72,2 juta untuk fakir miskin, tua jompo, pelaku UKM, beasiswa dan bantuan berobat..
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 15:51:37 WIB

    Baznas Pasbar Salurkan Zakat Rp3,5 M

    Baznas Pasbar Salurkan Zakat Rp3,5 M PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat pada semester satu tahun 2019 telah menyalurkan sebanyak Rp3,5 miliar dana zakat ke berbagai penerima di Pasaman Barat (Pasbar)..
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 15:24:31 WIB

    Baznas Agam Salurkan Zakat Rp428 Juta

    AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, kembali menyalurkan zakat sebanyak Rp 428 juta kepada 203 putra putri Agam yang baru melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi..
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 16:33:55 WIB

    Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana

    Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Binaan Baznas Kabupaten Pasaman, di Padang Manduang, Jorong Rumah Nan XXX, Nagari Aia Manggis, Kecamatan Lubuksikaping, panen raya cabai, Rabu (17/7). Panen perdana ini dihadiri oleh Bupati .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM