PSDA Pessel Usulkan Anggaran ke PUPR


Selasa, 08 Oktober 2019 - 16:43:03 WIB
PSDA Pessel Usulkan Anggaran ke PUPR BUPATI Pessel Hendrajoni bersama dinas terkait saat memberikan bantuan sembako kepada korban abrasi di Dusun Muaro, Kacamata Batangkapas. IST

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan batu penahan ombak di Dusun Muaro, Kecamatan Batangkapas, ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).

 

Baca Juga : Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

"Ya, usulan tersebut sudah kami sampaikan ke pejabat Kementerian PU-PR kemarin. Mudah-mudahan terealisasi secepatnya," ucap Kadis PSDA Pessel Doni Gusrizal di Painan, Senin (7/10).

 

Baca Juga : Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

Menurut dia, anggaran Rp15 miliar tersebut bakal digunakan untuk membangun batu penahan ombak sepanjang 750 meter di Dusun Muaro, Batangkapas.

 

Baca Juga : Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

"Pembangunan batu penahan ombak disana memang menjadi prioritas. Sebab, abrasi pantai di lokasi tersebut sudah merusak 13 unit rumah dan membuat 11 rumah lainnya tertimbun pasir," ujarnya.

 

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

Akibat peristiwa tersebut, sedikitnya 38 kepala keluarga mengungsi, sebagian ke rumah sanak saudaranya dan sebagian lagi ke tenda pengungsian yang sudah disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat.

 

Sementara itu, Camat Batang Kapas, Wendra Rovikto menyebutkan abrasi pantai di lokasi tersebut telah terjadi sejak sebulan terakhir.

 

Bantuan dari perangkat daerah setempat terus disalurkan kepada korban abrasi, Dinas Sosial dan Dinas Pangan sudah memberikan bantuan berupa 760 kilogram beras, 38 dus mie, 76 liter minyak goreng dan 38 rak telur.

 

"Kami terus melaporkan kondisi terkini tentang kebutuhan para korban ke perangkat daerah setempat," katanya pada wartawan.

 

Sementara itu, warga setempat Ujang (62) mengatakan, abrasi pantai di Dusun Muaro tidak terjadi kali ini saja, bahkan ketika dirinya masih remaja kejadian tersebut juga pernah terjadi.

 

"Minimal per 11 tahun sekali abrasi pantai selalu terjadi di dusun kami, tapi kali ini yang terparah," ucapnya.

 

Ia mewakili masyarakat setempat berharap kepada pemerintah setempat agar batu penahan ombak segera dibangun, sehingga daerah tersebut aman dari abrasi dan pasang laut. (h/kis)

Reporter : Okis | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:59:58 WIB

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak Sejak menjabat sebagai Kapolsek Tilatang Kamang, Kab. Agam beberapa waktu lalu. Iptu. Rommy Hendra K. SH, MM terus berupaya menjalin tali silaturahmi dan pendekatan dengan masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:27:37 WIB

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan Plh Sekda, Muskamal meresmikan Rumah Tahfidz Qur'an Al Hajjar Kampung Koto Pulai, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Pada sambutannya, Muskamal mengatakan perlu kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam upay.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:23:50 WIB

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi Masyarakat Kampung Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengharapkan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang yang terjadi pada September 2020 lalu di kampu.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:21:49 WIB

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (23/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 131 orang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:14:05 WIB

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (22/1/2021) terdapat 128 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.195 orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]