Ayo Kita Catat! Puan: DPR Bukan 'Tukang Stempel' Kebijakan Pemerintahan Jokowi


Selasa, 08 Oktober 2019 - 21:04:59 WIB
Ayo Kita Catat!  Puan: DPR Bukan 'Tukang Stempel'  Kebijakan Pemerintahan Jokowi Ketua DPR Puan Maharani pimpin Rapat Paripurna. (foto.CNNI)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Ada statemen yang patut dicatat dari Ketua DPR  yang baru dilantik. Puan Maharani menegaskan, DPR  bukan lembaga "tukang stempel" terhadap semua kebijakan pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan hal itu di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Ia menjamin DPR akan tetap kritis terhadap berbagai kebijakan meski di sisi lain harus tetap bersinergi dengan Pemerintah.

"Sinergi itu menurut saya antara eksekutif dan legislatif itu harus dilakukan untuk sebanyak-banyaknya untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun bukan berarti kita (DPR) itu kayak tukang stempel juga," katanya.

Istilah "Tukang Stempel" sendiri merupakan suatu metafora bagi lembaga legislatif yang hanya melegalkan seluruh keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan pihak eksekutif tanpa kritik atau masukan yang komprehensif.

Lebih lanjut, Politikus PDI-Perjuangan itu menyebut DPR akan mengawal setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Meski begitu, ia berkeinginan agar seluruh anggota DPR dapat melihat baik dan buruknya kebijakan itu terlebih dulu bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Puan juga mengatakan DPR nantinya akan tetap memberikan solusi kepada pemerintah disamping turut mengkritiknya. Hal itu bertujuan agar suatu kebijakan dapat berjalan sesuai keinginan rakyat.

"Di DPR ini boleh saja memberikan pengawasannya memberikan auto-kritik tetapi jangan sampai tidak ada solusinya. Harus ada solusi yang kita lakukan," katanya seperti dikutip cnnindonesia.com.

Di sisi lain, Puan berharap harmonisasi antara sesama pimpinan DPR tetap terjaga meski diterpa berbagai dinamika politik yang terjadi ke depannya. Ia mengatakan, perbedaan kebijakan atau pandangan itu adalah hal yang biasa dalam dinamika politik di Indonesia.

"Jangan sampai silaturahmi gotong royong yang ada itu kemudian menjadi tercerai berai hanya karena kepentingan individu, atau kelompok," ia menambahkan.*


 Sumber : SH-CNNI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM