Tak Mau di Banggar, Gerindra Bidik Pimpinan Fraksi yang Bersentuhan dengan Rakyat


Rabu, 09 Oktober 2019 - 06:40:54 WIB
Tak Mau di Banggar, Gerindra Bidik Pimpinan Fraksi yang Bersentuhan dengan Rakyat Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Partai Gerindra membidik posisi ketua di Fraksi DPR RI yang bersentuhan langsung dengan rakyat. Hal itu sesuai keinginan Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Prabowo memang mengambil komisi yang berkonsentrasi langsung bersentuhan dengan rakyat," kata Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Dewan Perwakilan Rakyat terdiri dari sebelas komisi. Masing-masing komisi membidangi masalah tertentu. Komisi I bidang Luar Negeri dan Pertahanan; Komisi II bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Pemilu, dan Aparatur Negara; Komisi III bidang Hukum, HAM, dan Keamanan; Komisi IV bidang Pertanian, Kehutanan, Maritim, Pangan; Komisi V bidang Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal, BMKG.

Lalu Komisi VI bidang Industri, Investasi, BUMN, Koperasi; Komisi VII bidang Energi, Riset, Teknologi, Lingkungan Hidup; Komisi VIII bidang Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Anak, Haji; Komisi IX bidang Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kependudukan; Komisi X bidang Pendidikan, Olahraga, Sejarah; Komisi XI bidang Keuangan dan Perbankan.

Gerindra belum memutuskan kursi ketua komisi mana saja yang akan diincar untuk lima tahun ke depan. Namun Dasco memastikan partainya tak akan mengambil kursi Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Dasco mengatakan saat ini Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani masih berkonsultasi dengan Prabowo terkait komisi-komisi apa yang diincar partai.

"Kami enggak tahu. Tapi yang pasti Gerindra enggak ambil pimpinan Ketua Banggar," tuturnya.

Sebelumnya, Fraksi PDIP menyatakan membidik kursi pimpinan tiga komisi di DPR periode 2019-2024 yaitu Komisi IV, Komisi VIII, dan Komisi X.

Sekretaris Fraksi PDIP di DPR Bambang Wuryanto mengatakan tiga komisi tersebut menjadi favorit karena terkait dengan kekuatan elektoral partai politik yang harus mulai dibangun untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Kalau kita bicara brainstorming, maka 2024 itu pasti akan semua berorientasi pada elektoral. Kalau itu kekuatan partai elektoral, maka komisi-komisi yang dengan kementerian elektoral tentu akan menjadi favorit, misalnya Komisi IV dan Komisi VIII," ucap Bambang kemarin.

Dia mencontohkan Komisi X bidang Pendidikan, Sejarah, dan Olahraga. Bambang berkata Komisi X menjadi favorit bila dikaitkan dengan keberadaan sejumlah 'kartu sakti' yang dikeluarkan selama pemerintahan Jokowi.

Di antara 'kartu sakti' yang dikeluarkan Jokowi selama memerintah, salah satunya adalah Kartu Indonesia Pintar yang memungkinkan semua anak mendapatkan akses pendidikan dasar.

"Kalau misalnya kita bicara kartu-kartunya Jokowi, enggak bisa itu kan berlanjut dan itu berarti di Komisi X, sebuah komisi yang sesungguhnya bukan termasuk komisi favorit," ucap dia.

Sementara itu anggota Fraksi PKB, Jazilul Fawaid mengatakan partainya mengincar dua kursi ketua dan tujuh wakil ketua Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR.

Pada periode sebelumnya, DPR RI memiliki sebanyak 17 AKD yang terdiri atas 11 Komisi dan enam badan. Badan itu diantaranya Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Baleg), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Badan Kerja Sama Antar Parlemen (MKD), dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN).

Jazilul mengatakan jumlah pembagian kursi pimpinan AKD di DPR berlaku proporsional berdasarkan raihan perolehan jumlah kursi parpol di parlemen.

"Enggak tahu itu berapa kalau dihitung proporsional, dua ketua, enam atau tujuh wakil ketua [komisi]," kata Jazilul.

Berdasarkan Undang-undang (UU) MPR, DPR, DPD dan DPRD atau MD3, Pimpinan AKD DPR akan diisi lima partai dengan suara terbesar di Pemilu 2019 yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, NasDem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua DPR Puan Maharani menyatakan pembagiannya akan dilakukan secara musyawarah mufakat. (*)


 Sumber : cnnindonesia /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Januari 2020 - 10:55:27 WIB

    PDIP Klaim tak Ribut dengan KPK

    PDIP Klaim tak Ribut dengan KPK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu menampilkan potongan rekaman CCTV di kantor DPP PDIP ketika penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya melakukan penggeledahan pada Kamis .
  • Senin, 06 Januari 2020 - 19:19:47 WIB

    Tak Lolos ke Senayan, Giring eks Nidji Stres, Sering Bengong

    Tak Lolos ke Senayan, Giring eks Nidji Stres, Sering Bengong JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Giring Ganesha sempat mencalonkan diri menjadi caleg, namun sayang tak lolos ke Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Padahal eks vokalis Nidji itu mengatakan mendapat suara tinggi..
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 14:31:18 WIB

    Wiranto: Hanura Tak Pernah Dijual pada OSO Rp200 Miliar  

    Wiranto: Hanura Tak Pernah Dijual pada OSO  Rp200 Miliar   JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Suhu politik di internal partai Hanura  semakin mendidih saja. Wiranto bahkan mendesak  Oesman Sapta Odang (OSO) mundur dari posisi Ketua Umum Hanura, dan membantah menjual  Hanura kepada OSO Rp20.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 12:11:53 WIB

    Hanura: Wiranto Tak Usah Repot Mundur, Namanya Sudah Tak Ada di SK

    Hanura: Wiranto Tak Usah Repot Mundur, Namanya Sudah Tak Ada di SK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wiranto merasa tak perlu mengikuti pernyataan Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah yang memintanya mengundurkan diri dari posisi Ketua Dewan Pembina setelah menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpr.
  • Senin, 16 Desember 2019 - 17:14:24 WIB

    Jadi Wantimpres, Wiranto Tak Mau Lepas Jabatan di Hanura

    Jadi Wantimpres, Wiranto Tak Mau Lepas Jabatan di Hanura JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden 2019-2024 Wiranto merasa tak perlu mengundurkan diri dari posisi Ketua Dewan Pembina Partai Hanura meski telah menjabat sebagai Wantimpres..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM