Warga Sutera Keluhkan Pelayanan BPJS Kesehatan


Rabu, 09 Oktober 2019 - 14:28:05 WIB
Warga Sutera Keluhkan Pelayanan BPJS Kesehatan Terlihat suasana pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. OKIS

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Seorang warga Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Pon Baron (38) mengeluhkan pelayanan kantor Unit BPJS Kesehatan di daerah setempat. Ia mengaku dipersulit dalam pelayanan kepengurusan kepesertaan.

"Seluruh dokumen sudah saya bawa, kecuali surat kuasa. Saya ingin mengurus kepesertaan bapak saya. Namun, akibat dokumen itu tidak ada terpaksa saya pulang dengan tangan kosong," ujarnya pada wartawan di Painan, Rabu (9/10).

Bahkan, ia sudah berjanji kepada petugas BPJS Kesehatan bakal membawa surat kuasa itu besok, Kamis (10/10). Namun, tetap saja ia tidak bisa melanjutkan pengurusan kepesertaan tersebut.

"Saya benar-benar tidak tahu bahwa mengurus BPJS yang diwakilkan mesti menggunakan surat kuasa. Sebab, dari awal saya sangat yakin semua persyaratan sudah lengkap," ucapnya lagi.

Terkait kejadian tersebut, ia berharap agar BPJS Kesehatan Cabang Pesisir Selatan terlebih dahulu mensosialisasikan berbagai peraturan atau kebijakan baru kepada masyarakat dengan harapan agar kejadian yang menimpanya tidak terjadi ke warga lain.

"Padahal untuk datang ke Painan saja, saya sudah meninggalkan seluruh pekerjaan rumah. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk sampai kesini. Saya sebagai warga Sutera sangat kecewa dengan pelayanan BPJS ini, belum lagi warga yang berdomisili di ujung Selatan, yakni Tapan, Lunang, dan Silaut yang menghabiskan waktu sekitar 6 jam lebih untuk datang kesini," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit BPJS Kesehatan Cabang Painan, Santi Setiawati ketika dihubungi wartawan menyebutkan, surat kuasa dari calon peserta memang dibutuhkan sehingga yang bersangkutan sadar telah didaftarkan sebagai peserta BPJS.

"Dengan begitu diharapkan yang bersangkutan sadar pula untuk membayar iuran per bulan. Dan hal ini sudah kami sosialisasikan ke nagari-nagari dengan harapan agar diteruskan pada masyarakat," ucapnya.

Selain itu, perihal dimintanya surat kuasa tersebut untuk mengantisipasi adanya praktik pengurusan kepesertaan melalui calo atau oknum yang tidak bertanggung jawab. (h/kis)


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 17:29:03 WIB

    Wah..! Warga Sintuak Pariaman Ini Sukarela Melepas PKH

    Wah..! Warga Sintuak Pariaman Ini Sukarela Melepas PKH PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Titin Marlinda salah seorang penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Sintuk, Kecamatan Utara Kota Pariaman, resmi mengundurkan diri (graduasi) sebagai penerima PKH, Senin (21/10), setelah mer.
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:43:12 WIB

    Puskel Kota Pariaman Masih Ditunggu Warga

    Puskel Kota Pariaman Masih Ditunggu Warga PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Walau kunjungan mobil unit pustaka keliling Kota Pariaman 3 kali seminggu ke desa dan kelurahan di daerah setempat, namun kedatanganya ditunggu warga. Seperti kunjungan ke Desa Sikapak Barat, tak .
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 14:00:36 WIB

    Bantah Persulit Warga, Ini Penjelasan BPJS Kesehatan Padang?

    Bantah Persulit Warga, Ini Penjelasan BPJS Kesehatan Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pihak BPJS Kesehatan mengaku tak pernah mempersulit warga dalam pengurusan kepesertaan. Hal ini dikatakan Bobby, mewakili pihak BPJS Kesehatan Cabang Padang kepada Haluan, Rabu (9/10) terkait adan.
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 08:33:52 WIB

    Festival Pamalayu Berlanjut ke Kampung Surau, Bupati Bersama Warga Goro di Lubuk Larangan

    Festival Pamalayu Berlanjut ke Kampung Surau, Bupati Bersama Warga Goro di Lubuk Larangan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM – Lestari! Ya.. itulah pemandangan nyata dari lokasi Lubuk Larangan Kampung Surau Jorong Blok-C Batu Gadang, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. .
  • Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:36:47 WIB

    Kapolres Agam Silaturahmi dengan Warga Miskin

    Kapolres Agam Silaturahmi dengan Warga Miskin AGAM, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Agam berserta jajarannya mengunjungi warga masyarakat kurang mampu Kampung Baru Kenagarian Sungai Jariang Persiapan Kecamatan Lubuk basung. Kedatangan rombongan disambut oleh masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM