Datuak Mogek Panghulu Suku Piliang Dilewakan


Rabu, 09 Oktober 2019 - 15:55:12 WIB
Datuak Mogek Panghulu Suku Piliang Dilewakan SYAFRION Dt Mogek Penghulu (tengah) dilewakan di rumah gadang Kampung Dalimo. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Suku kaum Piliang Kampung Dalimo Jorong Taruko Nagari Taluak Kecamatan Lintau Buo menggelar prosesi pemberian gelar datuak.
Syafrion dilewakan mengemban jabatan Datuak Mogek Panghulu, ia meneruskan gelar tersebut yang sebelumnya diemban Amril Dt Magek Panghulu yang telah meninggal dunia sejak 100 hari lalu.

Aiptu Syafrion Dt Magek Panghulu yang juga menjabat Kanit KSPK Polsek Lintau Buo itu sebelumnya telah dinobatkan menggemban gelar tersebut sebagai monti dipersukuannya, sejak gelar itu ditinggalkan Amril, namun saat ini digelar prosesi pelewaan dan peresmian di rumah gadang Kampung Dalimo, Rabu (9/10).

Hadir Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo saat pelewaan tersebut.
Kapolres berharap dengan diembankannya jabatan adat tersebut dapat meningkatkan pengayoman pada anak kemenakan serta masyarakat setempat.

"Saya yakin dengan sosok beliau selama ini yg amanah bisa menjalankan tugas sebagai datuk ini. Beliau juga berniat bangun musalah di sini, jika selesai bisa jadi sarana ibadah kita semua, bisa dihidupkan suasana keagamaan di lingkungan ini, untuk hal positif agar tidak terjerumus pada tindak pidana, dalam mewujudkan Kamtibmas kita butuh dukungan semua pihak," kata Kapolres Rokhmad.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat itu juga mengatakan bahwa pengangkatan datuk dan pelaksanaan agenda adat tersebut sangat mulia dan sakral. "Semoga ini diridoi Allah SWT. Hari ini penghulu kita di Taluak sudah 36 orang, untuk membina anak kemenakan.

Tidak mungkin generasi muda kita akan baik jika pemangku adat tidak menjalankan fungsinya, dan ini membantu fisi misi daerah dalam menegakkan adat bersendi sarak, sarak bersendikan kitabullah," katanya.

Dikatakan, realita yang ada ditengah-tengah masyarakat maraknya narkoba, kenakalan remaja yang akan merusak budi pekerti dan generasi penerus, dengan diberikan pemahaman adat budaya, akan jadi benteng dari pengaruh negatif yang akan merusak generasi muda, kata Wabup.

"Ini acara strategis untuk bersama-sama membantu Pemda, apalagi Tanah Datar luhak nan tuo, jika seluruh nagari, seluruh kaum akan bantu daerah serta dengan peran pemangku adatnya telah berfungsi maksimal. Kita yakin beliau mampu menjalankan tugas ini yang tidak jauh beda fungsinya dengan jabatan seorang polisi. Semoga ini menjadikan yang terbaik untuk nagari," kata Zuldafri.

Hadir saat itu para pemangku adat Nagari Taluak, lembaga unsur, camat, Ketua GOW Tanah Datar, Ketua kerapatan adat, niniak mamak serta forkopimca, diantaranya Danramil Kapten Dul Majid dan Kapolsek Iptu Yendrizal.
Sebelu peresmian dan pelewaan gelar datuk itu juga dilaksanakan prosesi adat bako, yaitu mengarak batu mejan dari rumah gadang ke pandam pakuburan dan ditanamkan di makam Amril yang telah 100 hari meninggal dunia itu. (h/fma)


Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 November 2019 - 16:29:11 WIB

    Dibantu Pemkab Dharmasraya, Suku Piliang Datuak Paduko Rajo Lelo Bangun Rumah Gadang

    Dibantu Pemkab Dharmasraya, Suku Piliang Datuak Paduko Rajo Lelo Bangun Rumah Gadang PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Suku Piliang Datuak Paduko Rajo Lelo telah bertahun-tahun tak memiliki rumah gadang, semenjak rumah gadang yang ada lapuak lantaran faktor usia. Kabar ini segera disampaikan kepada Bupati Sut.
  • Selasa, 07 Maret 2017 - 12:05:35 WIB
    Malewakan Gala Sako Datuak Hakim Bangso Dirajo Nan Sati

    Peran Datuak di Antara Profesi dan Adat

    Peran Datuak di Antara Profesi dan Adat AGAM, HALUAN—Puluhan bendera marawa (khas adat minangkabau) berwarna merah, kuning dan hitam tertancap di kiri kanan memenuhi jalan menuju Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Mutiara Agam, Kabupaten Agam. Dari dalam satu tenda .
  • Selasa, 25 Agustus 2015 - 19:34:34 WIB

    Duo Datuak Siap Berperang di Luhak Agam

    AGAM, HALUAN — Akhirnya duo datuak resmi bertarung dalam Pilkada Agam. Yakni pasangan Indra Catri Dt Malako Nan Putiah berpasangan dengan Trinda Farhan Satria dan Irwan Fikri Dt Nagari Batuah berpasang.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM