Iuran BPJS Naik 100 Persen, Puan: Masyarakat Agar Jaga Kesehatan


Rabu, 09 Oktober 2019 - 16:32:33 WIB
Iuran BPJS Naik 100 Persen, Puan: Masyarakat Agar Jaga Kesehatan Ketua DPR Puan Maharani meminta masyarakat untuk menjaga kesehatannya menyusul kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100% pada Januari 2020. (Foto/SINDOnews)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan 100% pada Januari 2020 belum diketahui Ketua DPR Puan Maharani.


Beberapa bulan lalu, DPR periode 2014-2019 telah memberikan sejumlah rekomendasi untuk BPJS dan Pemerintah terkait dengan perbaikan sistem BPJS.

“Saya kan baru dilantik, saya belum mendapatkan masukan sebagai Ketua DPR kemarin itu apa, walaupun rapat konsultasinya itu antara Kemenkeu, perwakilan Kemenko PMK pada saat itu, BPJS dengan Komisi IX dan XI itu ya beberapa kesimpulan menyatakan bahwa ini hal-hal yang dengan dengan perbaikan kinerja dan managmen di BPJS harus diperbaiki,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Menurut Puan, ke depan jika Komisi dan alat-alat kelengkapan sudah terbentuk dirinya akan mendengarkan lagi masukan itu sudah sampai mana. ”Kan sampai hari ini rencana tersebut baru akan dilakukan nanti pada 1 Januari 2020. Jadi saya akan update lagi dari pemerintah itu akan seperti apa,” tutur Puan.

Puan mengakui salah satu rekomendasinya adalah pemberian sanksi untuk meningkatkan kepatuhan peserta. Bagi peserta yang iurannya, menunggak tidak bisa mengurus paspor. Hal ini dimaksudkan agar semua peserta yang menggunakan fasilitas BPJS ini tetap patuh membayar iuran meskipun dia tidak berobat lagi.

“Supaya jangan sampai menggunakan fasilitas BPJS itu kalau lagi sakit, dan mau berobat. Sebelum itu satu bulan, dua bulan mendaftar tapi nggak bayar iuran lagi. Kan diperlukan komitmen untuk membayar iuaran secara rutin. Jadi hal tersebut belum ada keputusannya,” katanya.

Soal keberatan masyarakat terkait kenaikan tersebut, Ketua DPP PDIP ini memastikan masyarakat kecil tidak akan terbebani karena mereka yang berjumlah 96,8 juta dalam daftar PBI (penerima bantuan iuran) itu tetap ditanggung oleh negara.

Untuk peserta kelas I dan II, dia mengimbau agar tetap menjaga kesehatan.

”Yang kelas I kelas II ini kan kenaikannya sebagian besar dari mereka itu untuk bisa menjaga kesehatannya secara preventif. Ya saya rasa di manapun namanya fasilitas kesehatan itu nggak ada yang seperti kita lakukan waktu dulu, melihat iurannya,” tandasnya.*


 Sumber : Snd /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 September 2019 - 22:14:43 WIB

    Mantap! DPR Putuskan Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

    Mantap! DPR Putuskan Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Kenaikan iuran Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diusulkan pemerintah  sebesar 100 persen, resmi ditolak DPR..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 23:38:39 WIB

    Wah! Masyarakat Disuguhi Souvenir Cantik Jika Bayar Iuran BPJS Kesehatan Disini

    Wah! Masyarakat Disuguhi Souvenir Cantik Jika Bayar Iuran BPJS Kesehatan Disini PADANG, HALUAN – Sejak Jum’at (16/8) kemarin, BPJS Kesehatan Cabang Padang membuka stand di Padang Fair yang berlokasi di GOR H. Agus Salim, Kota Padang. Ada souvenir cantik bagi pendaftar dan pembayar iuran di stand BPJS.
  • Jumat, 12 Juli 2019 - 23:27:10 WIB

    Demi Kepulangan Rizieq, FPI Tarik Iuran Anggota untuk Bayar Denda Overstay

    Demi Kepulangan Rizieq, FPI Tarik Iuran Anggota untuk Bayar Denda Overstay JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Untuk membayarkan denda overstay Imam Besar FPI Rizieq Shihab di Kerjaan Arab Saudi, Front Pembela Islam (FPI) Sugito Atmo Prawiro mengatakan pihaknya berencana menarik iuran dari para anggota da.
  • Senin, 22 April 2019 - 22:43:40 WIB

    Pemerintah Mulai Bahas Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

    Pemerintah Mulai Bahas Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah mulai membahas rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan, untuk golongan penerima bantuan iuran. Rencana kenaikan tersebut mulai dibahas dalam Rapat Terbatas terkait Anggaran dan Pagu .
  • Selasa, 26 April 2016 - 03:13:51 WIB

    Iuran Caketum Munaslub Golkar Sesuai AD/ART

    JAKARTA, HALUAN — Politikus Golkar Idrus Marham mengatakan wacana iuran penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar yang dibebankan kepada para calon ketua umum telah sesuai dengan anggaran dasar dan anggar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM