Pemko Bukittinggi Gelar Sosialisasi Bersama  Pencegahan Bahaya Kebakaran


Rabu, 09 Oktober 2019 - 18:20:43 WIB
Pemko Bukittinggi Gelar Sosialisasi Bersama  Pencegahan Bahaya Kebakaran Ketua TP-PKK Yesi Endriani Ramlan sekaligus pemateri foto bersama dengan para Kepala SD. IST

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Pemko Bukittinggi melalui Dinas Kebakaran, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi/penyuluhan bersama, tentang pencegahan bahaya kebakaran tahun 2019.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di Halaman Kantor Badan Keuangan Daerah Kota Bukittinggi, Rabu (9/10). Sosialisasi diikuti peserta dari unsur masyarakat kelurahan, aparatur UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Kepala SD se-Bukittinggi, dan Barisan Relawan Kebakaran Kota Bukittinggi.

Kepala Dinas Kebakaran Bukittinggi Martius Bayu mengatakan, sosialisasi/penyuluhan gabungan  yang diselenggarakan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wasasan tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Kebakaran, terkait dengan teori dasar api, kebocoran gas LPG, APAR, serta penanganan awal jika terjadi kebakaran dilingkungan masing masing.

Dalam kegiatan sosialisasi peserta diberikan materi tentang 10 pengetahuan singkat tentang pencegahan kebakaran, teknik penanganan awal pemadaman secara tradisional, pengetahuan tentang penanganan kebocoran Gas LPG, dan pengetahuan tentang Alat Pemada Api Ringan  (APAR). Dengan narasumber yakni Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi Yesi Endriani Ramlan, Penyuluh dari PT PLN Bukittinggi, dan tim pencegahan dan penanganan Dinas Kebakaran BUkittinggi.
Sementara itu Walikota Ramlan Nurmatias menyampaikan, kegiatan sosialisasi/penyuluhan bersama tentang pencegahan bahaya kebakaran ini sangat penting, guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bahaya kebakaran. Apalagi baru baru ini, musibah kebakaran  melanda 2 Sekolah Dasar di Bukittinggi seperti SDN 04 Garegeh dan SDN 08 Campago Ipuah. Sebelumnya musibah kebakaran juga melanda Ruko AWS di Jalan By Pass Pulai Anak Air.

“Saya mengapresiasi upaya dinas kebakaran untuk mengantisipasi bahaya kebakaran melalui program sosialisasi/penyuluhan bersama  ini. Diharapkan setelah sosialisasi, pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran  akan lebih tanggap lagi dalam menghadapi ancaman bahaya kebakaran yang tidak kita inginkan tersebut. Disamping itu sosialisasi yang digelar dapat memberikan pengetahuan kepada peserta, sehingga dapat membantu memberikan pertolongan atau upaya awal dalam penanganan bahaya kebakaran,” kata Ramlan.
Untuk tahun 2020 mendatang ulasnya, Pemko Bukittinggi juga sudang menganggarkan untuk pembelian satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang memiliki tangga, untuk penanganan kebakaran di ruko-ruko bertingkat. Mobil Damkar pakai tangga ini sangat dibutuhkan untuk Kota Bukittinggi, mengingat banyaknya rumah dan ruko- ruko bertingkat di Kota Bukittingi.

“Mobil Damkar pakai tangga ini dilengkapi dengan fasilitas yang canggih, dan bisa  menjangkau pemadam api dari ketinggian, serta lorong lorong pemukiman yang padat. Insyaallah tahun depan kita sudah punya mobil damkar yang pakai tangga tersebut,” ujar Ramlan.

Dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan, peserta diberikan praktek  ketika bahaya kebakaran terjadi. Peragaan dan praktek itu berupa, penggunaan APAR, mematikan api secara manual dengan goni basah, mengatasi kebakaran yang terjadi akibat kebocoran tabung gas dan regulatornya. (h/tot).


Reporter : RUDI GATOT /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM