LKAAM Tanah Datar Kagumi Upaya Bupati Indra Catri Fasilitasi Ninik Mamak dan Bundo Kandung


Rabu, 09 Oktober 2019 - 20:41:08 WIB
LKAAM Tanah Datar Kagumi Upaya Bupati Indra Catri Fasilitasi Ninik Mamak dan Bundo Kandung Bupati Dr. Ir. H. Indra Catri, MSP, Dt. Malako Nan Putiah berdialog akrab dengan rombongan LKAAM Tanah Datar. (dok.Humas)

AGAM, HARIAHALUAN.COM-Rombongan  LKAAM  Kabupaten Tanah Datar, melakukan kunjungan ke Kabupaten Agam, dalam rangka mempererat silaturahim antara Luhak nan Tuo dengan luhak nan Tangah,  Rabu (9/10). Rombongan mengagumi  dan mengapresiasi berbagai upaya Bupati Agam Indra Catri dalam memfasilitasi LKAAM, para Ninik Mamak dan Bundo Kanduang di daerah ini.

Kedatangan rombongan langsung ini  disambut Bupati Dr. Ir. H. Indra Catri, MSP, Dt. Malako Nan Putiah  bersama   Sekdakab Agam, Martias Wanto, Forkopimda, LKAAM Agam, Bundo Kanduang Agam dan lainnya.

Baca Juga : ODGJ Mengamuk, Satpol PP Kota Padang Lakukan Penertiban

Ketua LKAAM Tanah Datar, Hafzi Dt Batuah menyebutkan, kedatangan LKAAM Luhak nan Tuo ini juga ingin merajut tali silaturahim dengan Luhak nan Tangah (luhak Agam). Sebab kedua luhak ini badunsanak sejak dahulunya, termasuk Luhak Limo Puluah Kota.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengatakan, di Agam ninik mamak melalui LKAAM disediakan fasilitas yang cukup, karena dalam adat pemerintah boleh membantu ninik mamak. Bahkan tahun depan Pemkab Agam bakal membangun perpustakaan adat, untuk menjadi pusat pembelajaran terkait adat Minangkabau di daerah itu.

Baca Juga : Dinas Sosial Kota Padang: Orang Gila yang Mengganggu Keamanan Sudah Kita Amankan

“Bagi kami di Agam marwah ninik mamak sangat tinggi, dibuktikan dengan pembangunan kantor pemerintah yang representatif untuk meningkatkan dan menjaga marwahnya,” ujarnya.

Bahkan Indra Catri mengatakan, saat menjabat bupati periode 2010-2015 visi yang diangkat adalah Agam Madani, dalam rangka memperkokoh landasan mencapai Agam Mandiri berprestasi yang madani berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).
Dengan demikian, melalui pertemuan ini bupati mengharapkan Luhak nan Tuo dan Luhak nan Tangah, dapat saling berbagi pengalaman, wawasan serta seayun selangkah untuk menjadikan kehidupan masyarakat yang berlandaskan ABS-SBK. *

Baca Juga : Orang Gila di Kota Padang Meresahkan, Pengendara Motor Dilempar Batu

Editor : DODI NJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 12:49:16 WIB

    ODGJ Mengamuk, Satpol PP Kota Padang Lakukan Penertiban

    ODGJ Mengamuk, Satpol PP Kota Padang Lakukan Penertiban Di media sosial viral seorang pengendara sepeda motor yang dilempar batu oleh  orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di sekitar PT Asia Biskuit, Tabing, Kota Padang. Akibatnya, korban harus menjalani operasi karena tulang ujung.
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 12:38:20 WIB

    Dinas Sosial Kota Padang: Orang Gila yang Mengganggu Keamanan Sudah Kita Amankan

    Dinas Sosial Kota Padang: Orang Gila yang Mengganggu Keamanan Sudah Kita Amankan Menanggapi kejadian orang gila yang mengganggu ketertiban umum baru-baru ini, Dinas Sosial Kota Padang mengatakan sudah melakukan tindakan tegas untuk mengamankan  orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tersebut. Kepala Dinas Sos.
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 12:32:10 WIB

    Orang Gila di Kota Padang Meresahkan, Pengendara Motor Dilempar Batu

    Orang Gila di Kota Padang Meresahkan, Pengendara Motor Dilempar Batu Beberapa hari yang lalu viral di media sosial, seorang pengendara sepeda motor dilempar batu oleh orang gila. Kejadian tersebut terjadi di depan PT Asia Biskuit, Tabing, Kota Padang. Akibat dari lemparan batu tersebut, jari t.
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:50:25 WIB

    Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus

    Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Rabu (27/1/2021) terdapat 103 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.610 orang..
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:47:11 WIB

    Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 %

    Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 % Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Rabu (27/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 148 orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]