5 Strategi Branding Bagi UKM Tanpa Memerlukan Biaya Selangit


Kamis, 10 Oktober 2019 - 09:09:43 WIB
5 Strategi Branding Bagi UKM Tanpa Memerlukan Biaya Selangit Ilustrasi.dok/tribun

Apa persamaan yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google, Apple dan Goldman Sachs?

Mereka diberi peringkat sebagai tiga perusahaan dengan daya tarik paling tinggi pada tahun 2017, menurut peringkat World’s Most Attractive Employer Rankings yang disusun oleh Universum Global. Survei tahunan tersebut merupakan garis depan bagi tren-tren dan taktik pencitraan perusahaan, karena survei tersebut mengungkapkan apa saja faktor yang dicari oleh para kandidat dalam sebuah tempat kerja. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya citra perusahaan dalam hal menarik minat kandidat.

Menariknya, survei tahun 2017 juga mengungkapkan bahwa mayoritas kandidat lebih tertarik untuk bekerja di perusahaan yang relatif lebih kecil, khususnya perusahaan skala menengah. Pendapat umum menyatakan bahwa generasi yang muda bersemangat untuk menciptakan perubahan dalam karier mereka sehingga timbul persepsi bahwa akan lebih mudah bagi mereka untuk membuat dampak besar di perusahaan yang lebih kecil daripada di perusahaan-perusahan besar.

Jadi, apa artinya ini bagi pemilik usaha kecil dan menengah (UKM)?

Hal ini tentu saja menguntungkan para pemilik UKM karena para kandidat telah mengalihkan minat mereka terhadap UKM. Oleh sebab itu, sekarang merupakan saatnya bagi UKM untuk meningkatkan langkahnya dalam menciptakan citra perusahaan yang lebih kuat. Citra perusahaan yang positif menunjukkan seberapa baik perusahaan Anda dipersepsikan oleh karyawan Anda saat ini dan berpotensi menjadi sebuah faktor pendorong besar untuk memikat lebih banyak kandidat. Masalahnya adalah, tidak seperti perusahaan-perusahaan besar, UKM mungkin tidak memiliki tenaga dan sumber daya untuk berinvestasi dalam membangun citra perusahaan yang kuat. Ternyata, praktik outsourcing HRD dalam UKM Anda juga diperlukan.

Apa persamaan yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google, Apple dan Goldman Sachs?

Jika anggaran Anda terbatas, berikut adalah 5 langkah tentang cara membangun citra perusahaan yang baik tanpa harus memerlukan biaya selangit dari JobStreet.com.

1. Menerapkan Employee Value Proposition (EVP)
Menurut definisinya, EVP adalah serangkaian penawaran yang diberikan oleh perusahaan sebagai imbalan atas keterampilan, kemampuan, dan pengalaman yang diberikan seorang karyawan kepada perusahaan. Hal ini mewakili nilai unik dan daya tarik perusahaan. Sebutkan apa yang membuat perusahaan Anda berbeda (spesial); budaya kerja yang berbeda, visi yang menginspirasi atau citra positif yang kuat. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa mulai dengan mewawancarai karyawan Anda dan menganalisa jawaban mereka.

2. Bersikap proaktif terhadap ulasan online

Dorong karyawan Anda untuk memberikan tanggapan dan ulasan mereka tentang perusahaan melalui situs media sosial dan halaman ulasan perusahaan online seperti JobStreet.com. Hal ini bukan hanya akan membantu Anda mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh karyawan Anda, tetapi juga memastikan bahwa Anda sudah berada di jalur yang tepat. Pastikan Anda merespon semua masukan, baik ulasan positif maupun negatif, untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli terhadap para karyawan dan citra perusahaan Anda.

3. Memanfaatkan platform media sosial

Salah satu cara paling terjangkau untuk membangun citra perusahaan yang kuat adalah dengan memamerkan budaya kerja Anda dengan berperan aktif di platform media sosial. Anda dapat memposting foto dan video yang terkait dengan perusahaan atau bahkan acara-acara sosial yang terjadi di tempat kerja agar para pengikut Anda tetap tertarik. Platform media sosial juga menyediakan opsi yang terjangkau yang dapat disesuaikan dengan anggaran Anda, sehingga Anda dapat mengiklankan postingan Anda untuk menjangkau target audiens yang lebih besar, sesuai dengan pilihan Anda.

4. Memerdayakan karyawan Anda untuk berpartisipasi dalam obrolan sosial

Ya, karyawan Anda adalah duta besar terbaik Anda. Dorong mereka untuk berpartisipasi dan biarkan citra perusahaan Anda terpancar oleh mereka. Misalnya, Anda dapat mengadakan sebuah acara perusahaan dan alih-alih mengundang para karyawan melalui email, undang mereka melalui platform media sosial. Dari sana Anda dapat memberdayakan mereka untuk mengunggah foto, menandai lokasi perusahaan Anda, menyebarkan video live dan memposting komentar atau balasan yang berkaitan dengan acara tersebut. Ini akan membuat keseluruhan pengalaman lebih menarik dan memperkaya.

5. Promosikan budaya kerja Anda dalam deskripsi pekerjaan 
UKM mungkin tidak memiliki daya beli tetapi mereka masih dapat menawarkan budaya kerja yang menarik. Sorot beberapa budaya kerja yang unik dalam deskripsi pekerjaan Anda; Jadwal kerja fleksibel? Peluang kerja jarak jauh? Makanan gratis? Busana bebas di hari Jumat? Tempat kerja yang ramah hewan peliharaan? Tempat kerja ramah ibu-ibu? Anda juga dapat mempertimbangkan untuk merekam video promosi untuk menampilkan budaya kerja di kantor Anda hanya dengan menggunakan Ini akan membuat konten video jadi lebih pribadi dan otentik.

Membangun citra perusahaan yang kuat tidak perlu menghabiskan biaya besar. Namun, citra perusahaan yang sukses membutuhkan waktu dan komitmen, penanaman yang cermat dan juga dukungan berkelanjutan di semua tingkatan. UKM harus belajar mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatannya untuk mempertahankan retensi karyawan dengan lebih baik serta untuk memikat kandidat baru. (*)


 Sumber : Meriana JobStreet /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM