Mantap! Nama Hotel, Gedung Hingga Sarana Transportasi Wajib Bahasa Indonesia


Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:49:07 WIB
Mantap! Nama Hotel, Gedung Hingga Sarana Transportasi Wajib Bahasa Indonesia Ilustrasi. Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Tak hanya pada Pidato Resmi Presiden dan pejabat negara, nama bangunan, sarana transportasi, jalan dan fasilitas umum lainnya juga wajib berbahasa Indonesia.

Hal tersebut tertuang dalam Perpres 63/2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia yang mewajibkan penamaan banyak hal menggunakan bahasa Indonesia. 

Perpres 63/2019 ini diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 September 2019. Perpres ini mencabut Perpres Nomor 16 Tahun 2010 yang diteken SBY dulu tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden Serta Pejabat Negara Lainnya.

Bagian Kedua Belas dari Perpres ini mengatur Penamaan Geografi, Bangunan atau Gedung, Jalan, Apartemen atau Permukiman, Perkantoran, Kompleks Perdagangan, Merek Dagang, Lembaga Usaha, Lembaga Pendidikan, Organisasi yang Didirikan atau Dimiliki Warga Negara Indonesia atau Badan Hukum Indonesia. 

Perpres 63/2019 ini merupakan aturan lebih lanjut dari UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. UU tersebut memang sudah mengatur bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan hingga jalan, tapi belum ada rinciannya. (*)

Editor : DavidR

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]