Kabar Gembira! Sekolah 'Baruak' Dapat Penilaian dari Kemendes PDTT


Kamis, 10 Oktober 2019 - 11:36:29 WIB
Kabar Gembira! Sekolah 'Baruak' Dapat Penilaian dari Kemendes PDTT Sekolah Tinggi Ilmu Baruak di Desa Apar, Pariaman.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Tim Verifikasi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendatangi Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Pasalnya, Desa Apar masuk nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019 mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Berbagai potensi wisata Desa Apar yang dinilai tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Baruak (STIB), kawasan wisata hutan manggrove, konservasi penakaran penyu dan olahan buah mangrove. Tiga lokasi tersebut digadangkan akan menjadi pusat wisata masa depan di Pariaman.  

Baca Juga : Mantap! Koto Ilalang Homestay Raih Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf

Kasubdit Sarana dan Prasarana Traportasi Desa Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Gusti selaku ketua tim verifikasi mengatakan, untuk lomba Desa Wisata Nusantara 2019 ini ada sebanyak 158 desa yang ikut lomba.

"Dari jumlah tersebut hanya 28 desa yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan dilanjutkan dengan verifikasi ke lapangan. Untuk di Sumbar, hanya Desa Apar yang masuk nominasi," katanya usai melakukan verifikasi di Desa Apar, Rabu (9/10) sore.

Baca Juga : Asyiknya Wisata di Moosa Edufarm: Mengenal Sapi Wagyu Penghasil Daging Termahal di Dunia

Dia mengatakan, dalam verifikasi ini ada beberapa hal yang menjadi poin penting dalam penilaianya, salah satunya apakah data yang diserahkan oleh desa sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Selanjutnya, apakah destinasi wisata desa itu dibiayai oleh dana desa atau tidak.

"Tidak kalah pentingnya yaitu tentang kunjungan yang datang kesini, serta berapa pendapatan desa dari objek wisata yang ada di desa itu," kata Gusti.

Baca Juga : Lari Pagi Bersama Sandi Uno, Audy Joinaldy Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata Sumbar

Saat turun ke lapangan tim verifikasi, mengapresiasi Desa Apar ini sebagai desa wisata di Kota Pariaman. Karena, banyak keunikan yang ada di desa wisata Apar Pariaman ini, salah satunya STIB yang tidak ada di daerah lain, hanya di Kota Pariaman.

"Saya akui untuk STIB ini sangat bagus dan unik. Kita harus banyak mempromosikan potensi yang kita punya ini supaya nanti lebih dikenal, bisa kita jual ke publik sehingga ini akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat," katanya.

Baca Juga : Khusus Januari-Februari, Emersia Hotel Batusangkar Beri Paket Khusus Spesial Deal Rindu

Sementara,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal juga mengapresiasi yang telah menjadikan Desa Apar sebagai salah satunya desa wisata yang di verifikasi oleh Kemendes PDTT ini. "Kita patut bangga, dari 158 desa yang ikut lomba dan 28 desa yang masuk nominasi kita Desa Apar mendapat nomor lima," ungkapnya.

Mantan Kadis Pariwisata ini juga mengatakan bahwa Desa Apar telah berhasil menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata sesuai dengan visi dan misi Walikota Pariaman Genius-Mardison. "Kita juga berharap Kota Pariaman ini menjadi yang terbaik di tingkat Nasional mewakili Sumbar," katanya.

Kepala Desa Apar Hendrik dalam presentasenya memaparkan beberapa potensi wisata seperti STIB yang unik dan tidak dimiliki oleh daerah lain, kemudian kawasan wisata mangrove dan konservasi penakaran penyu.

"Semua ini terwujud berkat kerjasama dari berbagai sdm yang ada di Desa Apar baik POKDARWIS, BUMDes PARMA, Komunitas Tabuik Diving Club (TDC), Karang Taruna, LPM, PKK, BPD, Dubalang dan Barakai serta masyarakat peduli wisata," jelasnya.

BUMDes Apar Mandiri (PARMA) bekerjasama dengan komunitas TDC menyajikan paket wisata tematik seperti tracking hutan mangrove, penanaman mangrove, pelepasan penyu, penanaman terumbu karang, diving sampai paket beraktifitas di sekolah beruk. Kemudian, untuk produk usaha BUMDes Apar Mandiri ini juga memproduksi olahan mangrove seperti sirup mangrove, galamai, dan selai. (h/mg-hen)

Reporter : Yuhendra | Editor : AGE

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]