Perguruan Tinggi Dilibatkan dalam Percepatan Sanitasi


Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:23:09 WIB
Perguruan Tinggi Dilibatkan dalam Percepatan Sanitasi KEPALA Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Yutiardy Rivai saat menyampaikan materi. IST

PADANGPARIAMAN, HRAIANHALUAN.COM - Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Padang gandeng Perguruan Tinggi Kesehatan Padang Pariaman dalam percepatan peningakatan pembangunan sanitasi di Padang Pariaman, hungga saat ini di Padang Pariaman Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mecapai 65 parsen di darah itu.

 

Baca Juga : Kasus Pasutri Perkosa Wanita 26 Tahun, Polda Sumbar Turunkan Tim ke Bukittinggi

"Saat ini di Padang Pariaman STBM sudah mencapai angka 66 parsen, angka ini sudah beberapa tahun belakangan ini tetapi perkembanganya tidak begitu signifikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Yutiardy Rivai saat menyampaikan materi dalam Workshop di Aula Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Kamis (10/9).

 

Baca Juga : IMC Sumbar Gelar Onsite Training Mapping Using Drone di Padang

Ia menyampaikan, jika dilihat dari peranan perguruan tinggi, kegiatan sanitasi ini juga salah satu tridarma dari perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian ada peranan dari perguruan tinggi yang juga ikut dalam mensosialisasikan sanitasi berbasis masyarakat kepada masyarakat Padang Pariaman.

 

Baca Juga : Azka Ramli Dorong Brian Putra Bastara Jadi Ketum HIPMI Sumbar

"Setidaknya mereka bisa menceritakan atau mensosialisasikan kepada masyarakat tentang sanitasi yang sehat itu seperti apa, serta contoh-contohnya kepada masyarakat, kerena mahasiswa adalah komunitas intelektual yang ada dilingkungan masyarakat," katanya.

 

Baca Juga : Seratus Pohon Kurma Ditanam di Pantai Kata Kota Pariaman

Yutiardy mengapresiasi pelibatan perguruan tinggi kesehatan ini dalam sosialisasi sanitasi sehat ke pada masyarakat, selain sosialisasi. Pihak dinas kesehatan juga tidak memungkiri rendahnya STMB ini disebabkan dengan anggaran dan juga kesadaran masyarakat.

"Angka itu termasuk dari pergram jamban sehat yang telah dilakukan pemerintahan padang pariaman, namun sebagaian masyarakat masih ada kurang kesadaranaya. Mudahan-mudahan dengan adanya kerjasama dengan perguruan tinggi ini bisa meningkatkan STBM di Padang Pariaman," katanya.

 

Sementara, Manager Program LP2M Otriramayani mengatakan targetnya dengan kegiatan ini ada peranan perguruan tinggi dalam sosialisasikan STBM kepada masyarakat. "Kedepanya, kita berharap ada daerah binaan kampus kesehatan ini di Padang Pariaman, dengan demikian mereka bisa mensosialisasikan ke masyarakat tentang sanitasi sehat tersebut," katanya.

 

Sebelum kegiatan ini, lanjut Otriramayani pihaknya juga telah melakukan penjajakan dengan kampus kesehatan di Padang Pariaman, pada prinsipnya. Kampus kesehatan di derah itu telah setuju dengan rencana adanya daerah dampingan tersebut. "Selain daerah dampingan itu, setiap tahunya ada mahasiswa yang turun ke kemasyarakat, apakah itu dalam bentuk KKN ataupun dalam praktek lapangan, dengan demikian mereka bisa mensosialisasikan kepada masyarakat," katanya. (h/mg-hen)

 

Reporter : Yuhendra | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]