BLK Sawahlunto Gelar Pelatihan Otomotif


Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:17:54 WIB
BLK Sawahlunto Gelar Pelatihan Otomotif PEMBUKAAN pelatihan otomotif dan meubel oleh Wakil Walikota Sawahlunto di BLK setempat, Selasa (8/10). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Balai Latihan Kerja (BLK) melakukan paket pelatihan otomotif dan meubel. Pelatihan ini sekaligus pemakaian perdana lokasi BLK baru, yakni Kampus Lapangan milik Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Kementerian ESDM yang diberikan dengan status pinjam pakai kepada Pemko Sawahlunto.

 

Baca Juga : Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti yang resmi membuka pelatihan itu mengajak para peserta agar dapat memanfaatkan pelatihan tersebut dengan semaksimal mungkin. Sehingga tujuan Pemko untuk mengurangi pengangguran dan harapan peserta untuk memiliki pekerjaan yang memperbaiki kesejahteraan ekonomi juga bisa dicapai.

"Pemko sudah memfasilitasi dengan instruktur, peralatan, sampai pada makan dan uang transport selama pelatihan. Semoga yang mengikutinya serius untuk menimbal ilmu, sehingga bisa menjadi modal untuk bekerja maupun membuka usaha sendiri," katanya.

Baca Juga : Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

 

Kepala BLK Sawahlunto, Jafri mengatakan, untuk pelatihan sebutnya, berlangsung selama 30 hari dengan pembekalan teori dan praktek, serta akan dimagangkan di bengkel bengkel yang ada diwilayah Sumatra Barat.

Baca Juga : Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

"Selama mengikuti pembekalan dan magang peserta diberikan penggantian biaya transportasi. Dan setelah selesai diberikan sertifikat BLK serta kesempatan mengikuti Uji Kompetensi pada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kementerian Tenaga Kerja Indonesia untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Nasional," tuturnya.

 

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP - Naker), Dwi Darmawati menambakan, paket pelatihan meube dan otomotif (teknik sepeda motor) itu diikuti masing - masing 16 orang peserta. Saat ini adalah untuk angkatan pertama, bulan depan akan dilanjutkan dengan angkatan kedua.

"Alhamdulillah, mulai sekarang kita dapat memfungsikan kampus lapangan milik BDTBT ini sebagai tempat BLK. Sebelumnya beberapa paket pelatihan BLK dilaksanakan di Rumah Kreatif BUMN (RKB) milik PT. Bukit Asam di depan Lapangan Segitiga Ombilin," katanya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:59:58 WIB

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak Sejak menjabat sebagai Kapolsek Tilatang Kamang, Kab. Agam beberapa waktu lalu. Iptu. Rommy Hendra K. SH, MM terus berupaya menjalin tali silaturahmi dan pendekatan dengan masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:27:37 WIB

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan Plh Sekda, Muskamal meresmikan Rumah Tahfidz Qur'an Al Hajjar Kampung Koto Pulai, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Pada sambutannya, Muskamal mengatakan perlu kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam upay.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:23:50 WIB

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi Masyarakat Kampung Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengharapkan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang yang terjadi pada September 2020 lalu di kampu.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:21:49 WIB

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (23/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 131 orang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:14:05 WIB

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (22/1/2021) terdapat 128 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.195 orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]