300 Ribu Bibit Ikan Dilepas ke Danau Singkarak


Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:20:44 WIB
300 Ribu Bibit Ikan Dilepas ke Danau Singkarak Kepala Balai Perikanan Budi Daya Air Sungai Gelam Jambi, Johari menyerahkan benih ikan kepada Kadis Pangan dan Perikanan Daryanto Sabir di Singkarak. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam, Direktorat Jendral Perikanan  Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan 300 ribu bibit ikan untuk dilepas di perairan danau Singkarak, Kamis (10/10).
Instansi tersebut sehari sebelumnya juga memberikan 150 ribu bibit ikan di Saniang Baka Kabupaten Solok yang juga dilepas di danau Singkarak.

"Hari ini 300 ribu bibit ikan kita berikan di sini, jika 10 persen saja hidup berarti 30 ribu dan kalau bertelur akan menjadi 50 juta dan kalau hidup 10 persennya lima juta ekor, belum yang di Solok. Harapan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk dimakan sendiri dan dijual. Kesempatan berkembangnya lebih bagus di sini, semoga kami ada program lagi kedepannya," kata Kepala Balai Johari. Disebutkan, kalau itu berhasil pihaknya akan menebar lagi bibit lain yang biasa hidup di Singkarak. "Wilayah kerja kami Sumatra, semoga ini jadi pemicu dan masyarakat sekitar agar menjaga kelestarian danau Singkarak ini. Kami harap bagaimana masyarakat bisa sejahtera dengan program yang digulir ini," kata Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam, Jambi.

Saat penyerahan benih ikan yang berjenis Nilem tersebut, hadir jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, beberapa wali nagari selingkar danau Singkarak, KAN, Baperlitbang, Kapolsek, camat serta kelompok pengawas perairan Singkarak Lakuak Rumbai, Malalo.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro, saat menerima bibit tersebut menyebutkan, perairan umum Singkarak merupakan modal besar perekonomian, sektor perikanan, pertanian, pariwisata, "Sumberdaya alam yang komplik ini jika tidak dijaga bersama tentu akan rugi kita, ikan asli populasinya semakin menurun. Di sini ikan asli itu bilih dan sasau. Bilih Ini ikan satu-satunya di dunia, momen ini sangat bagus agar masyarakat tidak menangkap ikan dengan alat tangkap tidak ramah lingkungan, kita harap agar kelompok pengawas menjaga dengan maksimal, ikan tidak ditangkap dengan ilegal, tangkaplah dengan alat tangkap ramah lingkungan, saya titipkan ke Kopwas dan wali nagari. 2019 ini kita dapat 300 ekor dari balai ikan, tadi dikatakan pak Johari ini sangat bermanfaat besar. Jika beranak pinak akan luar biasa untuk pendapatan masyarakat salingka danau. Terimakasih telah setujui proposal kami, dan ini akan menambah populasi ikan danau Singkarak, kemarin di Saniang Baka Kabupaten Solok juga disebar 150 ribu ekor," kata Daryanto.

Disebutkannya, pemberian bibit itu ujian bagi masyarakat sekitar danau, jika tidak dipelihara tentu Balai dari Jambi akan kecewa termasuk Kementrian, katanya. Diharapnya wali nagari agar mengeluarkan Pernag dan memberikan sikap ekstra keras dan melarang alat tangkap ilegal, seperti bagan, putas, sentrum dan tidak buang sampah ke danau. "Beberapa waktu lalu Perda kawasan strategis danau Singkarak tentang larangan alat tangkap tidak ramah lingkungan dan budidaya ikan dengan KJA sudah ketuk palu di provinsi," kata Daryanto mantan Kadis Pertanian itu mewanti-wanti.
Sementara, Wali Nagari Tigo Koto, M Hatta juga berharap agar bagan segera ditenggelamkan karena banyak yang ikut ikutan jika beberapa bagan beraksi.

"Bantuan bibit ikan ini sangat besar manfaatnya bagi kita di sekitar Singkarak, namun jika bagan tetap beroperasi tentu ikan yang baru disemai ini akan hilang lagi," katanya. (h/fma)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 13:57:07 WIB

    Waduh! Angka Positif Covid-19 di Sumbar hampir 300 Orang

    Waduh! Angka Positif Covid-19 di Sumbar hampir 300 Orang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kembali ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar. Kali ini, per Jumat (8/5/2020), terjadi penambahan 18 orang. Total, jumlah warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terkonfirmasi po.
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 18:16:31 WIB

    Sebanyak 300 Nagari di Sumbar Siaga Covid-19

    Sebanyak 300 Nagari di Sumbar Siaga Covid-19 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 300 Nagari yang berada di wilayah Sumbar, dibentuk menjadi Nagari Siaga Covid-19 atau virus Corona. Pembentukan kampung siaga COVID-19 itu sendiri merupakan inisiasi Dinas Pemberdayaan Masy.
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 15:47:49 WIB

    2.300 Lowongan Terbuka Bagi Pencaker di Sawahlunto

    2.300 Lowongan Terbuka Bagi Pencaker di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -Sebanyak 24 perusahaan Nasional dan lokal Sawahlunto dengan lowongan lebih kurang 2.300 tenaga kerja ikuti pameran bursa tenaga kerja Sawahlunto Job Fair 11 - 12 Desember 2019 di GPK setempat. B.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 15:24:37 WIB

    Cegah Banjir, 1.300 Batang Bambu Ditanam di Sungai Batang Ganigi Simpati

    Cegah Banjir, 1.300 Batang Bambu Ditanam di Sungai Batang Ganigi Simpati PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 1.300 batang bambu ditanam di sepanjang aliran sungai Batang Ganigi, Nagari Simpang, Kecamatan Simpati, Kabupaten Pasaman. Penanaman bambu itu untuk mencegah longsor dan menahan banjir. .
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 23:29:51 WIB

    Yayasan Bukittinggi Madani Bagikan 1.300 Paket Daging Kurban

    Yayasan Bukittinggi Madani  Bagikan 1.300 Paket Daging Kurban BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Yayasan Bukittinggi Madani Berbagi salurkan sekitar 1300 paket daging qurban untuk warga Kota Bukittinggi. Kegiatan penyaluran daging hewan qurban tersebut dilakukan di kantor sementara Yayas.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]