Dinkes Agam Fogging Lingkungan Lokasi Korban DBD


Jumat, 11 Oktober 2019 - 20:24:12 WIB
Dinkes Agam Fogging Lingkungan Lokasi Korban DBD fogging dilakukan Surau Kariang, Nagari persiapan Surabayo, Lubuk Basung

AGAM, HARIANHALUAN.COM - - Dinas Kesehatan Agam melakukan fogging di lingkungan rumah korban meninggal akibat DBD Surau Kariang, Nagari persiapan Surabayo, Lubuk Basung Jumat, (11/10).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra Rusli, mengatakan, pasca mendapatkan laporan pihaknya langsung menurunkan tim di kawasan yang terdampak DBD di wilayah Surau Kariang tersebut.

Dikatakan Indra, selanjutnya dikerahkan tim yang melakukan, Fogging radius 100 meter di lokasi terjangkit. “ Kami turunkan tim khusus penyelidikan epidiomologi terkait dugaan kasus DBD di Surau Kariang,” katanya.

Menurutnya, fogging adalah bentuk tindakan, di lapangan untuk memberantas nyamuk aides aygepti penyebab demam berdarah. Sementara yang tidak kalah penting yang harus dilakukan adalah pencegahan dari masyarakat.

Dikatakannya, setelah tim turun ke lapangan untuk menyelidiki kasus DBD, untuk mengukur kadar, pihaknya langsung dilakukan fogging.

“Kasus demam berdarah beberapa waktu belakangan cukup merebak, kami juga berharap partisipasi masyarakat untuk memperhatikan lingkungan,” kata Indra.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Melakukan 3 M menguras penampungan air, menutup bak mandi, menimbun barang-barang bekas sebagai langkah mengantisipasi demam berdarah.

Sebelumnya, warga Surau Kariang Jorong Surabayo, Nagari Persiapan Surabayo Lubuk Basung, Ikhsan (5) meninggal karena diduga terkena demam berdarah dengue (DBD), Senin (7/10). Sebelum meninggal ia sempat mendapatkan perawatan medis namun tidak tertolong. (h/yat)

loading...
Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]