Usut Tewasnya Akbar dan Gilfrid, Komnas HAM  Turunkan Tim 


Jumat, 11 Oktober 2019 - 21:08:28 WIB
Usut Tewasnya Akbar dan Gilfrid, Komnas HAM  Turunkan Tim  Akbar Alamsyah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) kawasan Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Republika.co.id

 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Penyebab meningggalnya  Akbar Alamsyah, korban demonstrasi di depan DPR, dan Golfrid Siregar, aktivis Walhi Sumatra Utara  dinilai tidak wajar. Komnas HAM juga akan mengirim staf di bawah koordinasi Subkomisi Penegakkan untuk kasus Golfrid.

"Ada staff yang akan dikirim, di bawah koordinasi Subkomisi Penegakan. Belum akan membentuk tim khusus, cukup di bawah koordinasi subkomisi," jelas Ketua Komnas HAM, Taufan Damanik, melalui pesan singkat, Jumat (11/10).

Baca Juga : Penyekatan Mudik Berakhir Jumat Malam

Taufan menjelaskan, Komnas HAM telah membentuk tim untuk semua kasus demonstrasi mahasiswa, baik yang ada di Jakarta maupun di daerah lain.

Tim tersebut dipimpin Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Internal, Hairansyah. Tim tersebut akan bekerja hingga Desember 2019 sekaligus mengantisipasi kemungkinan kembali terjadinya peristiwa serupa.

Baca Juga : Bikin Bising, Belasan Pemotor Knalpot Racing Dibekuk

"Tim untuk semua kasus demo mahasiswa di Jakarta dan daerah lain. Yang ke Kendari dan Makassar belum kembali dari lapangan," jelasnya.
Untuk itu  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta Polri melakukan penyelidikan yang serius.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)  juga meminta Polri melakukan penyelidikan yang serius.

Diketahui, demo pelajar di DPR RI yang berakhir ricuh pada Kamis (26/9) menyebabkan banyak korban berjatuhan, baik dari sisi pendemo maupun petugas keamanan.

Salah satu yang menjadi korban dalam demo pelajar tersebut adalah Akbar Alamsyah yang kemudian dirawat intensif di Cardiac Intensive Care Unit RSPAD Gatot Subroto.*

Editor : DNJ | Sumber : Republika.co.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]