PMI Provinsi Sumbar Gelar Musprov X 2019


Jumat, 11 Oktober 2019 - 21:59:22 WIB
PMI Provinsi Sumbar Gelar Musprov X 2019 Wakil Gubernur foto bersama pengurus PMI Kabupaten Kota Provinsi Sumatera barat pada kegiatan Musyarawah PMI Provinsi Sumbar ke X yang digelar di Grand Inna Muara Hotel Padang, Jumat(11/10). Dafit

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumbar gelar Musprov ke-X 2019 di Grand Inna Muara Hotel Padang, Jumat(11/10) sore. Musprov tahun ini dengan mengusung tema “Terwujudnya PMI Sumatera Barat Sebagai Organisasi Kemanusiaan Yang Tanggu Mandiri, Cepat, Tanggap dan Bergerak Bersama Masyakat”.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Kepala Bidang Organisasi PMI Pusat, Sasongko Tedjo, dan 55 peserta Forkopimda serta Pengurus PMI Kabupaten/Kota. Kegiatan yang diadakan selama 3 hari mulai tanggal 11-13 oktober 2019.

Pembukaan Musyawarah PMI Sumbar dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars PMI dilanjutkan dengan melantunkan ayat suci alquran, Pemutaran film singkat “In Memoriam Bapak Marlis Rahman” dan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera barat, Nasrul Abit.

Plt Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar, menyampaikan dalam kegiatan Musprov ini ada tiga agenda pokok yang akan dibahas, yaitu evaluasi perjalanan program PMI periode 2014-2019, membentuk kepengurusan kepanitian PMI Provinsi Sumbar 2019-2024, dan menyusun agenda dan program periode 2014-2019.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh para undangan yang hadiri, dalam kesempatan pada kegiatan ini menilai perjalanan kepengurusan PMI selama kurun lima tahun ini,” uUcapnya.

Ia menambahkan dengan keluarnya Undang-Undang No 1 tahun 2018, bahwa menguatkan PMI dan menjadikan PMI memiliki badan hukum dan legalitas yang kuat. “Undang-undang yang diusulkan sejak tahun 2002 oleh Bapak Jusuf Kalla maka ditahun 2018 PMI berbadan hukum yang tetap”, imbuhnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, mengatakan pemilihan ketua dan pengurusan periode 2019-2024 dan berharap dengan baik dan orang-orang yang di PMI adalah orang-orang yang pengabdi tanpa pamrih

“Kita mengucapkan terima kasih kepada ketua dan pengurus PMI periode 2014-2019 pengabdian yang telah dilakukan dan diharapkan juga mendukung pengurusan yang baru. Dan selamat, semoga pelaksanaan musprov ke X berjalan dengan baik dengan menyusun program-program kerja yang akan dirancang untuk lima tahu ke depan,” ucapnya.

Ia menambahkan Sumatera Barat adalah salah satu daerah rawan bencana maka organisasi PMI sudah menyusun program-program keahlian dan orang-orang yang terlatih, tanggap sesuai dengan tema yang diusung pada musprov tahun ini. Organisasi PMI diharapkan berjalan dan terlaksana dengan baik. Manfaat organisasi ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Dulu PMI dikenalkan masyarakat hanya untuk transfusi darah, tapi PMI terlibat didalam kebencanaan, Pembinaan, bantuan, dan pelatihan. Tugas yang diberikan oleh Undang-undang dapat terlaksana dengan baik, Bentuk kepedulian terhadap bencana yang terjadi. Harapan kita organisasi PMI ini menjadi yang terdepan dan membantu serta meringankan beban masyarakat yang terkena bencana”, ujarnya

Ia menambahkan, kepada pejabat Kabupaten Kota membantu menganggarkan PMI karena sudah diatur dalam Undang-undang dan sudah memiliki payung hukum yang jelas.

“Para orang yang mengabdi di PMI bekerja dengan tulus tanpa pamrih, maka selayaknya lah diapresiasi dengan baik, karena apabila terjadi bencana merekalah yang terdepan dalam menanganinya”, tutupnya.(h/dft)

Reporter : Dafit | Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]