Pemuda Pessel Apresiasi Cara Wagub Menyikapi Tragedi Wamena


Sabtu, 12 Oktober 2019 - 23:52:29 WIB
Pemuda Pessel Apresiasi Cara Wagub Menyikapi Tragedi Wamena Wagub Sumbar, Nasrul Abit, berdiri di tengah kerumunan perantau asal Sumbar di Wamena, yang bertahan di salah satu titik pengungsian di ibu kabupaten Jayawijaya tersebut. ISTIMEWA

PESSEL, HARIANHALUAN.COM—Langkah sigap Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit, menyikapi terkatung-katungnya nasib ratusan perantau asal Sumbar di Papua pascatragedi Wamena, menuai apresiasi dari banyak kalangan. Tak terkecuali dari kalangan pemuda Pesisir Selatan (Pessel), yang notabene daerah asal sebagian besar perantau yang jadi korban aksi rusuh di Wamena.

Salah seorang Tokoh Muda Bayang, Uul Saputra, mengaku angkat topi atas langkah tangkas Nasrul Abit (NA) dalam memastikan nasib perantau asal Sumbar di Pessel, dengan segera terbang ke Wamena, Papua. Dengan langkah sigap seperti itu, NA dinilai secara tidak langsung ikut meredam emosi warga di Sumbar yang menerima berbagai macam informasi.

“Patut diakui itu perlu diapresiasi oleh pihak mana pun. Ini bukan soal NA itu wagub atau orang Pesisir (Pessel). Asal tahu saja, pascarusuh di Wamena, gejolak di kampung tentu ada. Namanya saja sanak saudara kita jadi korban rusuh di rantau, tentu mendidih kepala. Ditambah lagi, informasi simpang siur. Entah mana yang benar dan mana yang hoaks. Dengan wagub langsung ke Wamena dan berkirim kabar soal situasi yang sebenarnya, itu besar pengaruhnya untuk mendinginkan emosi di kampung,” kata Uul.

Kedatangan Wagub ke Wamena, sambung Uul, juga sangat berpengaruh untuk menenangkan para perantau yang saat itu masih bertahan di pengungsian. Ia pun berharap agar langkah-langkah sigap seperti itu dilakukan oleh seluruh kepala daerah, setiap kali ada keresahan di tengah masyarakat yang dapat memicu potensi kerugian yang lebih besar. “Sigap seperti itu yang kita butuhkan. Jadi saat memberi statemen ke media pun, jelas apa yang disampaikan. Dapat pula menenangkan,” ucapnya lagi.

Hal senada disampaikan Tokoh Pemuda Surantiah, Kecamatan Sutera, Januli Yuhendra. Menurutnya, dalam situasi konflik seperti tragedi Wamena, kepala daerah memang perlu mengambil keputusan yang cepat untuk meredakan emosi di tengah warga. Terlebih, saat memberikan informasi setelah berkunjung ke Wamena, NA selalu menyatakan ia terus berkoodinasi dengan banyak pihak.

“Karena menyangkut nasib banyak warga sekampung, saya cukup sering memantau informasi terkait tragedi Wamena itu. Termasuk saat wagub ke sana. Dari komentarnya di media, itu kan jelas. Kondisi perantau dinyatakan aman di pengungsian. Akan dicari cara untuk memulangkan. Orang di kampung diminta tenang. Memang seperti itu sebaiknya pejabat memberi imbauan,” kata Januli.

Januli pun mengaku salut dengan sikap wagub yang selalu mengatakan telah berkoordinasi dengan banyak pihak sebelum menentukan langkah penanganan untuk korban di Wamena. Termasuk dengan selalu menyebutkan langkah diambil setelah berkomunikasi atau berdasarkan intruksi dari Gubernur Sumbar.

“Itu menurut saya bukti bahwa keadatangan wagub ke Wamena memang sebagai perwujudan pemerintah daerah Sumbar. Bukan cari-cari nama saja,” sebutnya lagi. (h/isq)

Reporter : ISHAQ | Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]