Mahasiswa Dilarang Demo Sampai 20 Oktober Karena Rawan Ditunggangi


Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50:42 WIB
Mahasiswa Dilarang Demo Sampai 20 Oktober Karena Rawan Ditunggangi Menristekdikti Mohamad Nasir meminta mahasiswa fokus belajar di kampus dan tidak menggelar demonstrasi menjelang pelantikan presiden 20 Oktober 2019. (CNN Indonesiaa/ Feri Agus Setyawan)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta mahasiswa tidak melakukan aksi unjuk rasa atau demonstrasi menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.
"Saya harapkan mahasiswa tidak demo dan kembali ke kampus. Kemarin saya mendengar pernyataan mahasiswa dan saya sangat senang karena tidak mau dia demo daripada ditunggangi yang tidak punya kepentingan yang sesuai dengan tujuan mahasiswa," ujar Menristekdikti di Jakarta, Senin.

Nasir menjelaskan apa yang dilakukannya itu bukan untuk menekan atau mengekang tapi semata-mata mengajak mahasiswa sebagai kaum intelektual untuk menyelesaikannya dengan berdiskusi, bukan dengan aksi demonstrasi di jalanan.
"Kalau urusan undang-undang, kita bisa melalui jalan konstitusi melalui mahkamah konstitusi. Kalau itu urusannya Rancangan Undang-undang maka bisa ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk memberikan masukan."

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya mengajak mahasiswa untuk mengadakan dialog dan rektor juga tidak boleh mengerahkan mahasiswa untuk demo. Melainkan mengajak ke kampus untuk diskusi.

Nasir juga menjelaskan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak mau lagi ikut serta dalam aksi unjuk rasa. Hal itu dikarenakan kekhawatiran ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu dan tidak tercapai keinginan mahasiswa.

"Oleh karena itu saya harapkan mahasiswa tidak demo dan kembali ke kampus. Kalau di kampus jelas dan bukan demo," tukas dia.
Nasir juga optimistis tidak akan ada aksi unjuk rasa menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih tersebut.(*)

 


 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOV


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Oktober 2015 - 20:18:12 WIB

    Ribuan Mahasiswa Kepung Istana

    JOKOWI-JK DIVONIS GAGAL

    JAKARTA,  HALUAN-Sekitar lima ribuan mahasiswa  dari gabungan Badan E.

  • Senin, 30 Maret 2015 - 19:34:53 WIB

    Aliansi Mahasiswa Indonesia Tolak Kenaikan BBM

    JAKARTA, HA­LUAN — Pu­lu­han mahasiswa yang ter­gabung dalam Alian­si Ma­hasiswa Indonesia meng­gelar aksi menolak ke­naikan harga ba­han bakar minyak (BBM) dan Konferensi Asia Afrika (KA­A) di.

  • Rabu, 04 Februari 2015 - 19:17:01 WIB

    Dua Mahasiswa Pemalsu SIM Ditangkap

    Bengkulu, Haluan — Jajaran Kepolisian Resor Kota Bengkulu meringkus dua mahasiswa tersangka pemalsuan surat izin mengemudi (SIM).

    Kapolresta Bengkulu AK­BP Adrian Indra Nurita me­nga­takan, penangkapan ke­dua.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM