Setahun Berjalan, 25 Rumah Tahfiz Hadir di Sawahlunto


Selasa, 15 Oktober 2019 - 16:01:54 WIB
Setahun Berjalan, 25 Rumah Tahfiz Hadir di Sawahlunto Workshop pengelolaan rumah tahfiz, yang dibuka oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Selasa (15/10. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 40 orang guru dan pengurus Rumah Tahfiz se Kota Sawahlunto mengikuti workshop pengelolaan Rumah Tahfiz, Selasa (15/10) di Meeting Room Hotel Parai. Setidaknya saat ini ada 10 Rumah Tahfiz binaan Pemerintah Kota Sawahlunto.

 

Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat membuka kegiatan itu mengatakan, sejak program rumah tahfidz binaan Pemko diluncurkan, semangat generasi Sawahlunto menghafal Alquran semakin meningkat, hal ini terlihat dari tumbuh suburnya jumlah Rumah Tahfidz dalam setahun terakhir.

"Saat ini 25 Rumah Tahfiz, yang ada kita undang untuk diberikan pembinaan, sehingga konsep pendiriannya sesuai dengan maksud dan tujuannya," ungkap Deri.

 

Walikota Sawahlunto juga sangat mengapresiasi dukungan masyarakat, dengan tingginya animo terhadap Program ini, yang merupakan salah satu realisasi dari visi misi Pemerintahannya meningkatkan kehidupan beragama. Walikota juga tidak akan membatasi  jumlah Rumah Tahfidz  yang akan menjadi  binaan Pemko Sawahlunto, selama memenuhi syarat.

 

Deri menilai, program Rumah Tahfiz merupakan upaya untuk mempersiapkan landasan agama dan menanaman karakter yang kuat kepada generasi menghadapi era globalisasi keterbukaan informasi.Kita sebutnya, tidak bisa menghambat era globalisasi, tapi  bisa mempersiapkan anak-anak dengan karakter yang bagus melalui Rumah Tahfidz.

"Adapun manfaat lain dengan membina anak menjadi Hafidz, denfan sudah banyak Institusi  yang mengakui Hafidz Quran seperti, Universitas Indonesia, kampus paling bergengsi di Indonesia itu membebaskan tes masuk bagi calon mahasiswa yang hafidz 30 juz Alquran," ujarnya.

 

Salah seorang nara sumber Workshop Dosen STAI PIQ, Irsyad mengatakan, mulailah Rumah Hafidz dari diri sendiri, wakafkan dulu diri kita untuk menjadi penghafal Alquran.

"Dengan mewakafkan diri akan diberi kemudahan dalam menghafal dan mengembangkan Rumah Tahfidz, bahkan dijamin Allah untuk kemudahan dalam urusan dunia akhirat," ujarnya.(h/rki)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]