Finis Etape VIII TdS 2019 akan Dimeriahkan Tari Anak Balam


Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:05:37 WIB
Finis Etape VIII TdS 2019 akan Dimeriahkan Tari Anak Balam Tari Anak Balam (Ilustrasi) 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Tari Anak Balam yang menjadi ritual pengobatan tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, bakal ditampilkan untuk memeriahkan finis pada balapan Internasional Tour de Singkarak (TdS) 2019 Etape VIII di daerah setempat.

"TdS etape VIII dilaksanakan pada 9 November 2019 dari Kota Sungai Penuh, Jambi dan finis di Painan. Nanti di lokasi finis akan ada Tari Anak Balam yang melegenda itu," ucap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo di Painan, Selasa (15/10).

Menurutnya, Tari Anak Balam bakal ditampilkan oleh sanggar seni asal Pessel. Ritual pengobatan tradisional Anak Balam, lanjut dia, sudah jarang ditemukan di sejumlah daerah di Pesisir Selatan. Namun, sebagian masyarakat masih ada yang melakoninya seperti di Kecamatan Sutera dan Lengayang.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga disajikan sejumlah kuliner khas Pesisir Selatan. "Ada pengobatan dengan ritual Anak Balam ini terbilang cukup mistis, sebab prosesnya menggunakan kekuatan mantra yang di iringi alat musik tradisional dan ada juga nanti kuliner khas," ujarnya. 

Dia menuturkan, nama Anak Balam berasal dari nama Burung Perkutut yang familiar disebut dengan nama Burung Balam oleh warga setempat, karena saat ditemukan anak burung tersebut selalu ada dua, maka pada ritual tersebut penari juga berjumlah genap.

"Jadi, mereka akan menari mengikuti irama yang dihasilkan oleh Rabab atau Biola yang merupakan alat musik gesek tradisional yang dimainkan pada kesempatan itu, sembari melafaskan syair dan mantra secara ber irama," ucapnya lagi.

Selanjutnya, disaat para penari asik memainkan perannya, sejumlah orang diantara mereka akan pingsan atau tidak sadarkan diri, sementara satunya lagi bakal kesurupan lalu bertindak sebagai dukun yang akan mengobati teman-temannya. Ritual Anak Balam, kata Hadi, sudah terdaftar Direktorat Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2019 dengan nomor registrasi 201900834.

"Selain menjadi lokasi finish pada TdS 2019, Kabupaten Pesisir Selatan juga menjadi lokasi star etape IX ke Kota Padang yang akan dilaksanakan pada 10 November 2019," katanya mengakhiri. (h/kis)

loading...
Reporter : Okis Mardiansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 19:21:28 WIB

    TdS Finis di Lawang Park, Warga Setempat Tetap Mengilang Tebu

    TdS Finis di Lawang Park, Warga Setempat Tetap Mengilang Tebu AGAM, HALUAN -- Aktivitas mangilang tabu tetap jalan di saat even Tour De Singkarak (TdS) Etape 4 finis di Lawang Part Kabupaten Agam, sedangkan penonton TdS didominasi oleh anak sekolahan. .
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 02:27:42 WIB

    Pasbar Lokasi Finish Etape 3 TdS

    Pasbar Lokasi  Finish Etape 3 TdS PASBAR, HALUAN — Kabupaten Pasaman Barat sudah siap sukseskan finising Tour de Singkarak (TdS) mendatang. Hal ini di buktikan hasil survey terakhir oleh tim survey dari pusat, Selasa (19/7). Kesiapan Ka­bupaten Pasaman Bar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]