Ini Dia Penampakan Mock-up Jet Tempur KF-X/IF-X yang Digarap Indonesia-Korsel


Rabu, 16 Oktober 2019 - 00:46:04 WIB
Ini Dia Penampakan Mock-up Jet Tempur KF-X/IF-X yang Digarap Indonesia-Korsel Mock-up skala penuh jet tempur KF-X/IF-X yang dikembangkan Korea Selatan dan Indonesia ditampilkan di Seoul International Aerospace and Defense Exhibition, Senin (14/10/2019). Foto/REUTERS/Josh Smith

SEOUL,HARIANHALUAN.COM- Indonesia dan  Korea Selatan (Korsel)  bekerja sama mengembangkan jet tempur KF-X/IF-X .  Maket jet tempur ditampilkan setelah para pejabat mengatakan program tersebut lulus tinjauan desain utama pada bulan September.

Pesawat generasi masa depan yang sedang dikembangkan oleh Korea Aerospace Industries (KAI) dirancang untuk menjadi alternatif yang lebih murah dari jet tempur siluman F-35 buatan Lokcheed Martin Amerika Serikat (AS). Rencananya, KF-X/IF-X akan menggantikan sebagian besar jet tempur Korsel yang sudah tua dan akan diekspor dalam skala besar.

Baca Juga : Ada Apa? Bos Facebook Mark Zuckerberg Ngamuk ke Apple

Mock-up ini ditampilkan pada hari Senin lalu di Seoul International Aerospace and Defense Exhibition (ADEX).
Korea Selatan telah memesan 40 unit pesawat jet tempur siluman F-35A dari Amerika Serikat. Kiriman perdana sudah tiba tahun ini.

Korea Utara telah mengecam pembelian F-35 oleh Korea Selatan, serta pengembangan senjata canggih lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Istilah Teknologi yang Perlu Diketahui di Tahun 2021

Pejabat perusahaan mengatakan, KAI saat ini sedang memproduksi prototipe KF-X/IF-X dan berencana untuk melakukan pengujian darat dan uji penerbangan masing-masing pada tahun 2021 dan 2022.

"Di sisi lain mereka membuat kemajuan yang baik, tetapi ada tanda-tanda tantangan dalam program ini," kata Greg Waldron, redaktur pelaksana Asia untuk FlightGlobal, sebuah publikasi industri dirgantara, yang dikutip Reuters, Selasa (15/10/2019).

Baca Juga : Waduh! 1387 Hoaks Teridentifikasi Sejak Pandemi Covid-19

"Di antaranya adalah dorongan Indonesia untuk menegosiasikan kembali bagaimana ia akan membayar sebagian dari biayanya, dan masuk ke pasar ekspor yang penuh dengan alternatif yang sudah mapan," lanjut Waldron.

"Dengan program ambisius ini, Anda benar-benar harus menyebarkan biaya di antara banyak mitra," katanya. "Mereka bisa menjual beberapa di sana-sini, tetapi masalahnya adalah mereka akan agak terlambat ke pasar dan sudah ada banyak pesawat kuat di luar sana."

Baca Juga : Ponsel Sony Bakal Ada Lagi, Ini Bocorannya

Korea Selatan dan Indonesia pada 2014 sepakat untuk bersama-sama mengembangkan KF-X/IF-X dalam proyek senilai 7,5 triliun won (USD6,33 miliar), di mana Indonesia setuju untuk membayar 20 persen dari biaya proyek.

Namun tahun lalu, Indonesia berusaha untuk melakukan negosiasi ulang untuk mengambil tekanan dari cadangan devisa dan sejak itu menawarkan untuk membayar bagiannya dari biaya proyek dalam bentuk barter.*

Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 07:34:28 WIB

    Ada Apa? Bos Facebook Mark Zuckerberg Ngamuk ke Apple

    Ada Apa? Bos Facebook Mark Zuckerberg Ngamuk ke Apple CEO Facebook Mark Zuckerberg menggunakan pidato pembukaan paparan kinerja keuangan kuartal IV-2020 untuk mengecam Apple atas perubahan kebijkan privasi. Ia mengatakan Facebook semakin melihat Apple sebagai salah satu pesaing .
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:15:22 WIB

    Ini Dia Istilah Teknologi yang Perlu Diketahui di Tahun 2021

    Ini Dia Istilah Teknologi yang Perlu Diketahui di Tahun 2021 Ini adalah tahun baru dan waktunya untuk mempelajari banyak kata kunci tentang teknologi baru. Tahun 2020 mungkin berakhir menjadi bencana dimana-mana karena sebagian besar dunia akan segera melupakan gaya Eternal Sunshine. .
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 21:42:27 WIB

    Waduh! 1387 Hoaks Teridentifikasi Sejak Pandemi Covid-19

    Waduh! 1387 Hoaks Teridentifikasi Sejak Pandemi Covid-19 Kondisi penyebaran informasi salah atau hoaks di era digital penyebarannya sangat masif, termasuk yang berkaitan dengan pandemi COVID-19 yang berlangsung saat ini. Kondisi diperparah karena masih ada oknum tidak bertanggung j.
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 10:59:55 WIB

    Ponsel Sony Bakal Ada Lagi, Ini Bocorannya

    Ponsel Sony Bakal Ada Lagi, Ini Bocorannya Tren ponsel dengan layar kecil mulai kembali. Setelah iPhone 12 Mini, Sony dikabarkan siap menghadirkan lini perangkat berukuran compact di tahun 2021..
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 06:34:25 WIB

    Cuma Nonton Iklan di Vtube Bisa Dapat Duit, Benar Nggak Sih?

    Cuma Nonton Iklan di Vtube Bisa Dapat Duit, Benar Nggak Sih? Member lama Vtube terpantau masih 'getol' menarik anggota baru. Padahal, kegiatan usaha bisnis itu sudah dilarang oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) sejak Juni 2020 lalu..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]