Awas! Ini Daftar 15 Aplikasi Berbahaya di Android


Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:06:15 WIB
Awas! Ini Daftar 15 Aplikasi Berbahaya di Android ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pakar keamanan Sophos mengungkap 15 aplikasi berbahaya yang selama ini sudah dipasang (install) oleh pengguna ponsel dan tablet Android. Sophos menemukan saat ini aplikasi berbahaya tersebut masih tersedia di Google Play Store untuk diunduh.

Aplikasi berbahaya tersebut diketahui terinfeksi adware. Sophos mencatat 15 aplikasi Android yang terinfeksi tersebut telah diunduh lebih dari 1,3 juta kali.

"Setelah terpasang (install), ikon aplikasi yang terinfeksi adware tidak muncul di layar utama (home screen) sehingga pengguna akan sulit menemukan mereka," ungkap tim peneliti Sophos seperti dilaporkan The Express.

Beberapa aplikasi diketahui menyamarkan diri pada sistem sehingga tidak bisa terdeteksi dan dihapus dari ponsel.

Sophos mengimbau pengguna Android untuk menghapus 15 aplikasi tersebut. Mengutip Techradar, kelima belas aplikasi itu antara lain:
- Flash On Calls & Messages
- Read QR Code
- Imagine Magic
- Generate Elves
- Savexpense
- QR Artifact
- Find Your Phone: Whistle
- Scavenger --- speed guard
- Auto Cut Out Pro
- Background Cut Out
- Photo Background
- ImageProcessing
- Background Cut Out New
- Auto Cut Out
- Auto Cut Out 2019
Flash On Calls & Messages misalnya, alih-alih bisa digunakan pengguna justru diarahkan ke Google Maps di Play Store. Sementara aplikasi Flash On Calls & Messages tersembunyi dan tetap berjalan di background perangkat Anda.

Sophos mencatat ada beragam modus yang dibuat oleh pengembang aplikasi. Salah satunya dengan menampilkan pesan menyesatkan yang menyebut aplikasi mereka tidak kompatibel dengan perangkat mereka, meski kenyataannya tetap berjalan di background dan kerap memunculkan iklan.

Kendati demikian, tujuan utama aplikasi-aplikasi ini sama yakni menginfeksi ponsel dengan adware dan memunculkan iklan yang tak diinginkan pengguna. Sophos merekomendasikan pengguna untuk membaca ulasan sebelum memasang aplikasi dari Google Play Store agar tak terjebak aksi tipu-tipu pengembang aplikasi. (h/cnn)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:19:45 WIB

    Awas! Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin WhatsApp di HP Bermasalah

    Awas! Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin WhatsApp di HP Bermasalah HARIANHALUAN.COM - Para pengguna WhatsApp kini perlu berhati-hati dalam menerima pesan. Pasalnya, ditemukan sebuah pesan aneh yang membuat kinerja aplikasi WhatsApp pada smartphone Android dan iPhone terhenti mendadak ata.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 07:55:08 WIB

    Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Instagram

    Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Instagram HARIANHALUAN.COM - Instagram merupakan salah satu media sosial yang balik digunakan anak muda. Namun waspadalah karena banyak penipu berkeliaran di media berbagi foto milik Facebook ini..
  • Jumat, 17 April 2020 - 22:52:58 WIB

    Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona

    Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Facebook menerapkan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran hoax dan misinformasi seputar virus Corona di platform-nya. Kali ini mereka akan memberi peringatan bagi pengguna yang berinteraksi .
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 18:27:39 WIB

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa'

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Twitter akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk menghapus tweet yang menempatkan orang pada risiko tertular virus corona..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 09:05:46 WIB

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros JAKARTA, HARIAANHALUAN.COM - Bitdefender, perusahaan cybersecurity dan antivirus menemukan 17 aplikasi mobile yang mengurasi daya baterai ponsel dengan cepat habis..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]