Kabut Asap Mengkhawatirkan, Sekolah di Solsel Bakal Diliburkan 


Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:06:12 WIB
Kabut Asap Mengkhawatirkan, Sekolah di Solsel Bakal Diliburkan  Pengujian kualitas udara di depan kantor bupati Solsel, Rabu (16/10). Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap di Solok Selatan (Solsel) pada Rabu (16/10) kian pekat dan mengkhawatiran dibandingkan kemarin, (15/10). Pelajar bakal diliburkan. Sementara itu, dilakukan pengujian kualitas udara menggunakan alat High Volume Air Sampler (HVAS) yang dipasang di depan kantor bupati setempat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Solsel, Novrizon pada Haluan, Rabu (16/10) mengatakan untuk menghindari dampak negatif kabut asap yang kian tebal sehingga dilakukan koordinasi lintas OPD dan unsur pimpinan untuk pelajar melakukan belajar dirumah dan dikontrol orangtua murid, selama dua hari. 

"Kami ingin menghindari dampak. Saat ini surat akan dilayangkan ke Sekolah - sekolah supaya pelajar bisa belajar dirumah selama dua hari Kamis - Jumat (17-18/9). Namun, kita masih menunggu instruksi pimpinan," katanya.

Menurutnya, apabila selama dua hari tersebut, kualitas udara masih mengkhawatiran maka kemungkinan bakal diperpanjang. "Tapi, jika udara sudah baik baru belajar normal di sekolah," katanya.

Ia mengatakan, kendati pelajar belajar dirumah harus dalam pengawasan wali murid. "Jangan dimanaatkan pula untuk beraktifias diluar ruangan. Ini harus jadi perhatian bersama untuk melarang anak kita bermain diluar ruangan," sebutnya.

Sementara, Dinas Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solsel melakukan uji kualitas udara guna mengetahui mutu udara. "Alat HVAS akan bekerja selama 24 jam dan dipasang di depan kantor bupati Solsel. Setelah itu baru di cek labor untuk mengetahui hasilnya," kata Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Murtamin. (h/jef)


Reporter : Jefli /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 10:19:53 WIB

    Akibat Kabut Asap, 0,4 Ha Terumbu Karang Alami Pemutihan

    Akibat Kabut Asap, 0,4 Ha Terumbu Karang Alami Pemutihan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Terumbu karang seluas 0,4 hektare di kawasan Pantai Manjuto, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, tengah mengalami proses pemutihan (bleaching). Kerusakan te.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:11:31 WIB

    Siswa di Sijunjung Diliburkan, Kabut Asap Kian Parah

    Siswa di Sijunjung Diliburkan, Kabut Asap Kian Parah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Setelah sebelumnya cuaca sempat sejuk lantaran hujan turun, kini sejumlah daerah kembali dilanda bencana kabut asap. Tak terkecuali Kabupaten Sijunjung. Kondisi kabut asap yang terjadi sudah san.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:06:40 WIB

    Buat Mata Perih, Kabut Asap di Kabupaten Solok Mengkhawatirkan

    Buat Mata Perih, Kabut Asap di Kabupaten Solok Mengkhawatirkan AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di negeri tetangga, kembali menyelimuti kawasan Kabupaten Solok dan sekitarnya. Bahkan kondisinya kian pekat dan masuk kepada level tidak sehat. .
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:53:43 WIB

    Kabut Asap Menutupi Bumi Markisa, Jarak Pandang 200 Meter

    Kabut Asap Menutupi Bumi Markisa, Jarak Pandang 200 Meter SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap kembali menutupi udara Kota Solok dan sekitarnya. Kendati beberapa hari lalu menghilang karena turunnya hujan, sekarang kabut asap kembali muncul sehingga mengganggu aktifitas masyarakat..
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 23:20:01 WIB

    Waspada! Kabut Asap Tebal Kembali Datang, Udara Sijunjung Tidak Sehat

    Waspada! Kabut Asap Tebal Kembali Datang, Udara Sijunjung Tidak Sehat SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Sempat hilang karena hujan, kabut asap kiriman dari provinsi tetangga kembali menyelimuti Kabupaten Sijunjung..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM