Tanah Datar Targetkan Rehab 1.120 Rumah Tahun Ini


Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:04:12 WIB
Tanah Datar Targetkan Rehab 1.120 Rumah Tahun Ini Dinas Sosial bersama masyarakat dalam program Gapura Mantap di Sungayang. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) merupakan program inovasi Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar yang dilaunching 2017 lalu tidak dapat berjalan baik dan sukses tanpa dukungan pemerintah nagari, masyarakat, tokoh masyarakat dan elemen lainnya.


“Sampai akhir 2019 ini, direncanakan ada 1.120 rumah selesai untuk rehab rumah dan di akhir 2021 ada 3.458 rumah selesai direhab sehingga bisa mengurangi masyarakat yang tinggal di rumah yang tidak layak huni,” kata Kadis Sosial P3A Yuhardi didampingi Kabid Mashuri Maiza disela kunjungan kerjanya ke Sungayang, Selasa (15/10).


Salah satu bentuk dukungan pemerintah nagari terhadap program Gapura Mantap, tambah Yuhardi, ada beberapa nagari yang menganggarkan rehab rumah melalui APB Nagari masing-masing. “Ada nagari yang anggarkan Rp15 juta untuk kegiatan rehab rumah, namun untuk bekerja membangun tidak ada upah kerja atau bekerja swadaya saja. Di sinilah peranan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial untuk turut membantu langsung kegiatan rehab rumah,” ujarnya.


Hal senada juga disampaikan Kabid Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Mashuri Maiza, 2019 sudah 3 kali tim Tagana membantu nagari dalam melakukan rehab rumah masyarakat. “Pada 2019 ini tim Tagana telah dilakukan bhakti sosial merehab rumah Hanafi di Lintau Buo Utara dan Afrianto di Gurun Kecamatan Sungai Tarab dan Sabtu lalu rehab rumah Nurlailis di Nagari Tanjung Kecamatan Sungai Tarab,” katanya.
Pada kesempatan sebelumnya, Kasi Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Tanah Datar Zainal Abidin juga menyampaikan, guna mendukung suksesnya program Gapura Mantap, tim Tagana bersama Satgas Nagari Tanjung, Pekerja Sosial, TKSK dan masyarakat melakukan aksi terjun langsung membantu pembangunan rehab rumah.


“Hari Sabtu dan Minggu lalu, tim Tagana langsung turun tangan rehab rumah tidak layak huni ibuk Nurlailis di Jorong Balai Bungo Nagari Tanjung Kecamatan Sungayang setelah mendapat permintaan dari pemerintah nagarI,” ujarnya.


Zainal menambahkan, dalam bekerja rehab rumah, tim Tagana ataupun kelompok masyarakat lainnya tidak menerima upah atau gaji. “Bantuan dari APB Nagari berupa material bangunan seharga Rp.15 juta dan pelaksanaan pembangunan dikerjakan dengan sistem swadaya masyarakat, artinya tanpa ada upah tukang, karenanya kelanjutan pengerjaan rumah tersebut diharapkan adanya partisipasi masyarakat sekitar,” tukasnya. (h/fma)

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]