Ayo ke Bukittinggi..! Nikmati Festival Permainan Anak Nagari Minangkabau


Rabu, 16 Oktober 2019 - 17:12:05 WIB
Ayo ke Bukittinggi..! Nikmati Festival Permainan Anak Nagari Minangkabau Festival Permainan Anak Nagari (FPAN) Minangkabau di Bukittinggi. (Ist)

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Pelaksanaan Festival Permainan Anak Nagari (FPAN) Minangkabau, bakal  dihelat  pada Sabtu dan Minggu, 19 s/d 20 Oktober 2019 mendatang  di Lapangan Wirabraja/Kantin, Kota Bukittinggi.

"Alhamdulillah, persiapan lancar. Hari ini  sudah  memasuki tahap finalisasi," jelas Dedi Fatria, S.H Dt Mangkuto Sutan, Pengarah dan inisiator festival bersama unsur panitia lainnya, Rabu (16/10/2019).

Ketua Panitia H. Iskandar, M. Pd. DT Lelo Kayo menjelaskan, Festival Permainan Anak Nagari  ini  juga  disuport oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga, Walikota Ramlan Nurmatias dan jajaran  Pemerintah Kota Bukittinggi ini diperkirakan akan dihadiri lebih kurang dua ribu pelajar tingkat SD dan SMP se Kota Bukittinggi yang berasal dari delapan puluh lima sekolah 

"Dalam Festival ini akan dilombakan permainan tradisional seperti Permainan Congkak, Lore, Tarompa sayak, Tarompa Panjang, Kampar, Galah, Patok Lele, egrang dan Gasiang," jelasnya.
 

Tahapan yang cukup menghabiskan waktu dan membutuhkan perhatian khusus panitia telah telewati, yaitu membuat aturan setiap permainan, karena permainan ini sudah lama sekali tidak dimainkan, dan ketentuan bakunya tidak ada.
 

"Oleh sebab itu dengan bantuan enam belas orang perwakilan guru olahraga di dampingi oleh bidang Seni dan Budaya LKAAM Kota Bukittinggi  telah dibuat ketentuan setiap perlombaan, kemudian dilakukan sosialisasi dan Praktek Lapangan kepada seluruh guru olahraga SD dan SMP di Kota Bukittinggi," ungkapnya. 

Pengarah, inisiator Festival yang juga anggota DPRD Bukittinggi, Dedi Fatria, S.H Dt Mangkuto Sutan menyatakan, 
kegiatan ini didukung oleh  Deputi Pembudayaan Olahraga Tradisional Kemenpora RI. Ini sudah kali ke empat kita difasilitasi oleh Kemenpora RI, dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini, kegiatan Pekan Olahraga Disabilitas se Kota Bukittinggi dan Se Sumatera Barat juga kegiatan Pelatihan ke wirausahaan, sekarang kegiatan Permainan Tradisional.

Pihaknya  terus  berupaya memanfaatkan begitu banyak program di Kementrian yang bisa dikerjasamakan dengan daerah. "Tugas Kita selaku wakil Masyarakat adalah Menginisiasi atau membuka wacana selanjutnya kita serahkan kepada Pemerintah Daerah untuk ditindak lanjuti atau dikembangkan dan semoga dapat mewarnai Kota Bukittinggi. 
 

"Kegiatan ini juga kita perkuat dengan mengalokasikan dana Pokok Pikiran Anggota DPRD tahun 2019 yang kita programkan di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi. Tentu, sebuah kepuasan yang tidak ternilai saat ini semua SD dan SMP sudah kembali memainkan permainan tradisional untuk persiapan mengikuti Festival ini, sesungguhnya target kita telah tercapai, permainan tradisional sudah hidup kembali, Festival ini kita jadikan magnet saja agar ada motivasi, " ujarnya.
 

Dedi menyatakan,  teknologi tidak mungkin dilawan, masa lalu juga tidak mungkin dikembalikan. "Tapi tugas kita hanya satu, mengenalkan kepada anak cucu kita, bahwa kita memiliki permainan tradisonal, yang merupakan warisan leluhur yang pantas untuk kita lestarikan, dengan permainan ini tentu rasa kebersamaan rasa sosial akan tumbuh kembali, syukur-syukur dapat mengurangi durasi main android atau Game bagi anak kita," pungkasnya. 

Ketua LKAAM Kota Bukittinggi H. Syahrizal Dt Palang Gagah menyatakan sangat senang kegiatan ini cukup diterima oleh masyarakat khususnya pihak sekolah dibawah dukungan Dinas Pendidikan.
Dijelaskan, hingga kini masyarakat yang banyak mendaftar mengisi Stand Makanan Tradisional juga Mainan Tradisional. Kegiatan ini juga direspon baik oleh Balai Pelestarian Budaya Provinsi Sumatera Barat yang ikut serta mengisi stand.

"Kegiatan ini akan dibuka oleh Walikota Bukittinggi dan juga dihadiri dari Kemenpora RI. Kita juga  telah mengundang niniak mamak dan tokoh masyarakat,"  jelas Ketua LKAAM.
 

Sekretaris Panitia Yusrizal, S.Sos St Mangkuto mengundang seluruh mayarakat untuk dapat meramaikan festival ini. "Bawa anak dan keluarga kita, kita dari panitia menyediakan lapangan bagi siapa saja yang ingin bermain, kita sediakan peralatan secukupnya, juga boleh bawa dari rumah, pada hari Sabtu kita berharap yang hadir berpakaian tradisional, dan hari Minggu kita pakaian olahraga," harapnya.

Semua stand tidak dipungut biaya, semuanya gratis.

"Silahkan nikmati aneka makanan tradisional yang sudah jarang ditemui,  terimakasih kepada BPR Jam gadang, Hotel Kharisma, Sanjai Ummi Aufa yang juga turut serta mensuport kegiatan ini," pungkasnya. (*)


Reporter : Dodi /  Sumber : REL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 16:10:53 WIB

    Ayo ke Bukittinggi..! Puluhan Bendi Wisata Kini Dipasangi Lampu Hias

    Ayo ke Bukittinggi..! Puluhan Bendi Wisata Kini Dipasangi Lampu Hias BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Guna menambah daya tarik terhadap jasa angkutan tradisonal, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disaparpora), memasang  lampu hias untuk Bendi Wisata Kota Bukittinggi..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 21:30:55 WIB

    Wah Keren..! Video Promosi "Ayo ke Agam" Sudah Wara-wiri Di 8 Bandara Utama

    Wah Keren..! Video Promosi AGAM,HARIANHALUAN.COM-Sesuai dengan arahan Bupati Agam Indra Catri, di tahun 2020 dicanangkan sebagai tahun "Ayo ke Agam". Menindaklanjuti hal tersebut Bagian Humas Agam bergerak cepat dengan menjalin beberapa kemitraan strat.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 19:14:12 WIB

    Mau Dibayar Ratusan Juta? Ayo Pindah ke Molise

    Mau Dibayar Ratusan Juta? Ayo Pindah ke Molise ROMA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah wilayah indah di sebelah timur Roma, Italia, mengumumkan akan membayar hingga lebih dari Rp300 juta bagi pengunjung yang mau bermukim di salah satu dari 106 desa di sana. Wilayah tersebut adala.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM