350 Pengurus PIK Remaja Ikuti Genre Fellowship dari BkkbN


Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:40:58 WIB
350 Pengurus PIK Remaja Ikuti Genre Fellowship dari BkkbN Kegiatan Genre Fellowship tingkat Sumbar di Padang Panjang.

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- BkkbN Sumbar menggelar kegiatan Genre Fellowship tingkat Sumbar yang diikuti oleh lebih kurang 350 orang peserta yang merupakan pengurus dan pengelola PIK (Pusat Informasi Konseling) Remaja se Kab/Kota di Sumbar. Kegiatan yang digelar di Padang Panjang tersebut dimulai dari tanggal (15-18/10).

Kepala Perwakilan BkkbN Sumbar, Syahruddin mengatakan rangkaian kegiatan GenRe Fellowship Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 ini mencakup konsep 5GE. "Kegiatan ini mencakup konsep 5GE (educate, entrepreneur, entertain, electronic and empatic) untuk mewujudkan REMAJA UNGGUL, SUMBAR HEBAT," kata Syahruddin.

Ia menambahkan materi yang diberikan antara lain tentang materi Bela Negara dari TNI, Internet Cakap (Cerdas Kreatif Produktif) dari Pakar IT, materi entrepreneur dari entrepreneur muda dari Sumatera Barat. 

Selain itu ada kegiatan lomba yang mengasah kecerdasan, ketangkasan dan kreatifitas yang diharapkan setelah kegiatan ini akan dilanjutkan untuk menjadi keterampilan yang dimiliki oleh remaja, sehingga kita bisa mewujudkan remaja unggul, sumbar hebat. 

Dalam sambutannya, ia tak lupa mengatakan pentingnya peran remaja dalam mengisi bonus demografi. "Mengingat besarnya jumlah remaja dan potensinya, serta berdasarkan pra-syarat yang diperlukan untuk meraih bonus demografi. Remaja dituntut untuk menjadi generasi yang sehat dan berkualitas dan produktif. Bonus demografi akan sangat sulit dicapai apabila tingkat kesehatan, pendidikan masyarakat, serta partisipasi perempuan dalam angkatan kerja masih rendah," ucapnya.

Upaya menyiapkan generasi muda untuk mampu mengisi bonus demografi, kata Syahruddin telah dilakukan oleh berbagai pihak dengan cara mengembangkan dan meningkatkan kualitas remaja. 

"BKKBN adalah salah satu instansi yang berpartisipasi aktif dalam pembinan remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe).  Sedangkan pusat Informasi Konseling Remaja atau PIK R adalah suatu wadah Kegiatan Program GenRe dalam rangka menyiapkan kehidupan bekeluarga bagi remaja/mahasiswa yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja, guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan bekeluarga bagi keluarga serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya," jelas Syahruddin.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKBKPS Prov. Sumbar, Novrial yang mewakili Gubernur Sumbar menyambut baik kegiatan Genre Fellewship ini.

"Kegiatan ini sebagai peningkatan pengetahun kemampuan kreativitas serta keterampilan dalam menyongsong bonus demografi serta memantapkan dan menpercepat program KKBPK," ucapnya.

Novrial juga mengucapkan terimakasih kepada Pemda Padang Panjang serta OPD KB se Sumbar yang telah memfasilitasi kehadiran PIK Remaja Gendre.

"Bonus dempgrafi adalah ungkapan yg sudah dibicarakan 5-6 tahun belakangan ini. Bonus demografi bisa hanya sekedar angka/ bisa jadi peta jalan perlakuan apa yg akan kita dari rasio ketergantungan usia produktif thd penduduk apakah sekedar angka ataukah kita akan mencapai bonus atau bencana demografi kemudian hari," tutur Novrial.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Padang Panjang, Asrul berharap melalui kegiatan ini mampu memberikan nilai positif bagi generasi muda, para pelajar dan mahasiswa terutama anggota PIK R/M di Sumbar.

"Remaja genre dan duta PIK R/Madalah mereka yang berjiwa positif, kreatif, inofatif untuk kemajuan mereka sendiri, keluarga, lingkungan dan kemajuan bangsa.
Mereka adalah figur motivator yang terampil dan berkarakter dari kalangan mahasiswa dan remaja sekolah yang memiliki tanggung jawab untuk membentuk remaja indonesia yang berkualitas dan profesional," tutupnya. (h/mg-yes)


Reporter : Yessi Swita /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM