4.521 RTMP di Pasbar Peroleh Bantuan


Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:59:05 WIB
4.521 RTMP di Pasbar Peroleh Bantuan Para penerima RTMP di Pasbar saat melakukan administrasi pendistribusian bantuan.FADLY

PASBAR,HARIANHALUAN.COM-- Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat dan mencegah stunting, Sebanyak 4.521 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di Pasaman Barat (Pasbar) mendapat bantuan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pasbar, Sukarli melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Doddy San Ismail mengatakan, kita patut bangga dan bersyukur atas bantuan ini, karena untuk Provinsi Sumbar hanya kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman yang mendapat bantuan ini.

"Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Kementrian Pertanian RI yang telah memberikan perhatikan lebih terhadap Pasbar dalam hal bantuan ini. Karena tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan tarap hidup masyarakat, disamping mengajarkan pola hidup sehat,"ujar Doddy.

Dijelaskan, adapun yang berhak menerima bantuan ini adalah masyarakat yang tergolong miskin yang bersumber dari Basis Data Terpadu (BDT) Kementrian Sosial RI. Yang untuk Pasbar akan dibagikan di Tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Pasaman, Luhak Nan Duo dan Sasak Ranah Pasisie,"jelasnya.

"Awalnya sebanyak 5.066 RTMP yang akan mendapat bantuan ini, namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi data menjadi 4.521 RTMP dengan rincian, Kecamatan Pasaman sebanyak 2.677 RTMP, Sasak Ranah Pasisie sebanyak 618 RTMP, Luhak Nan Duo sebanyak 1.226 RTMP "ungkapnya.

Ditambahkan, adapun bantuan yang akan diterima oleh setiap RTMP berupa, bantuan uang tunai sebesar Rp.500.000 untuk pembuatan kandang, 50 ekor ayam petelur, vaksin, pakan, dan obat.

"Bantuan tersebut akan disalurkan melalui rekening Unit Pengelola Keuangan dan Kegiatan (UPKK), yang penyalurannya langsung dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian ke Bank BRI tanpa melalui Dinas setempat,"terang Doddy. (*)

Reporter : FADLY /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]