Raker Pilkada 2020, KPU Dharmasraya Dengar Keluhan Perangkat Pemilu


Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:54:38 WIB
Raker Pilkada 2020, KPU Dharmasraya Dengar Keluhan Perangkat Pemilu Rapat kerja yang digelar KPU yang dihadiri oleh stakeholder terkait untuk mensosialisasikan tahapan tahapan Pilkada 2020. (Maryadi)

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya menggelar rapat kerja bersama stakeholder, Rabu (16/10) dalam rangka sosialisasi tahapan Pilkada.

Rapat dipimpin oleh Ketua KPU Maradis didampingi tiga orang komisionernya dan Sekretaris KPU Yendrizal, juga dihadiri Komisioner Bawaslu, Kabag Tapem Asril, Ketua MUI H. Aminullah Salam, Camat serta organisasi yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

Tujuan rapat ini adalah untuk mensosialisasikan setiap tahapan dalam Pilkada mendatang agar semua stakeholder mengetahuinya prosesnya. Disamping itu, pihak KPU juga menampung masukan dari seluruh stakeholder yang hadir. 

Pihak Bawaslu yang hadir mengawali rapat dengan menegaskan agar regulasi yang muncul bisa jelas dan tegas. Hal ini jangan sampai menjadi pemicu kisruh Pilkada mendatang.

Begitu pula dari pihak kemanan Kepolisian, Kabag Ops Polres Dharmasraya, Kompol Rifai menyebut, pihaknya lebih fokus untuk memberikan kenyamanan dan keamanan untuk masyarakat dalam rangka menghadapi Pilkada 2020.

Dikatakannya, dalam Pemilu Legislatif dan Presiden lalu, ia memberikan pengamanan 3-4-5 yang artinya 3 TPS satu Polisi, sedangkan untuk Pilkada rencananya akan ada sistem 1 TPS 1 Polisi dan dia sudah meminta BKO sebanyak 500 orang kepada Polda Sumbar.

Selain itu, camat serta organisasi yang hadir mengemukakan adanya miss komunikasi saat pelatihan atau sosialisasi yang sudah diberikan kepada tenaga perpanjangan KPU seperti KPPS. 

Disini selalu ditemukan kendala di lapangan, salah satunya adalah sulitnya koordinasi via telepon dan kurang harmonisnya hubungan pihak penyelenggara dengan pengawas.

Pada Pilkada mendatang, KPU Dharmasraya dihibahkan dana sebesar Rp20 miliar dan Bawaslu sebesar Rp8,9 miliar. (h/mdi)


Reporter : Maryadi /  Editor : Agoes Embun


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM