Hong Kong Berminat Pindahkan Dana Rp9.000 Triliun ke Indonesia


Kamis, 17 Oktober 2019 - 12:12:29 WIB
Hong Kong Berminat Pindahkan Dana Rp9.000 Triliun ke Indonesia ilustrasi uang.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa investor Hong Kong dengan potensi dana US$680 miliar atau Rp9.520 triliun (kurs Rp14.000) berminat memindahkan dananya ke Indonesia. 

Hal tersebut akibat demonstrasi di Hong Kong yang telah berlangsung selama 4 bulan. Itu diungkapkan oleh Luhut di sela-sela Penandatanganan MoU kerja sama percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Kantor BPPT, Rabu (16/10) kemarin.

Menurut Luhut, investor asal Hong Kong pada dasarnya enggan untuk memindahkan ke Singapura. Sebabnya, negara ini dianggap sebagai kompetitor dari Hong Kong.

"Mereka punya 680 miliar dolar. Saya lapor Presiden. Katanya menguntungkan nggak? menguntungkan lah Pak, kalau nggak ngapain saya tawarkan..," ujar Luhut.

Menindaklanjuti potensi aliran dana masuk tersebut, Luhut mengaku sudah menghubungi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Maksudnya untuk bertanya mengenai holding tax untuk potensi dana tersebut.

"Saya telepon Gubernur BI, bisa nggak holding tax dimainkan. tapi hati-hati. Kita nggak mau money laundry," sebutnya.

Sebelumnya, Hong Kong kehilangan US$4 miliar atau sekitar Rp56 triliun akibat aksi demo besar-besaran yang terjadi. Uang Rp56 triliun dari sektor keuangan Hong Kong ini pindah ke Singapura.

Fenomena ini terjadi antara Juni hingga Agustus 2019. Demikian prediksi Goldman Sachs, dilansir dari Reuters, Kamis (3/10). "Meski begitu, likuiditas pada sistem perbankan di Hong Kong tetap kuat," demikian laporan dari analis Goldman.

Data Goldman mengatakan simpanan dalam bentuk dolar AS di perbankan Hong Kong naik signifikan sepanjang Agustus 2019.

Bank sentral Hong Kong pernah memaparkan soal kenaikan simpanan dalam dolar AS didorong oleh adanya transfer dana dalam jumlah besar dari luar negeri. Namun bank sentral tidak memberikan penjelasan rinci soal transfer dana tersebut. (*)

 Sumber : riaumandiri.id /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]