Pasaman masih Kekurangan Tenaga Dokter


Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:13:31 WIB
Pasaman masih Kekurangan Tenaga Dokter Ketua IDI Kabupaten Pasaman, dr Hamdi Sp.A, sedang melakukan pemeriksaan terhadap pasien.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pasaman, Dr. Hamdi mengatakan, kabupaten itu masih kekurangan tenaga dokter. Saat ini tenaga dokter baru tersedia sebanyak 80 orang. "Masih jauh dari target Nasional. Seharusnya terdiri dari 120 dokter dan 30 dokter spesialis," kata Hamdi di Lubuksikaping, Kamis (17/10).

Di Pasaman, katanya, jumlah tenaga dokter baru mencapai 80 orang dengan jumlah dokter spesialis sebanyak 13 orang untuk melayani kesehatan warga. Para dokter tersebut tersebar di 16 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit. 

"317.520 jiwa penduduk Pasaman hanya dilayani oleh 80 dokter, 13 diantaranya dokter spesialis. Hal ini masih jauh dari target Nasional. Dimana per 100.000 jiwa penduduk seharusnya terdapat 42 dokter dan per 100.000 penduduk terdapat 10 dokter spesialis," katanya. 

Hamdi berharap, pemenuhan kebutuhan tenaga medis khususnya dokter dapat difasilitasi segera oleh pemerintah daerah. Baik melalui penerimaan PNS, PTT ataupun Dokter kontrak untuk memenuhi target kebutuhan tersebut. 

"Untuk terwujudnya pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat, Pemda perlu melakukan rekrutmen untuk menambah ketersediaan tenaga dokter di Pasaman," katanya. (h/yud)


Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM