Pasaman masih Kekurangan Tenaga Dokter


Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:13:31 WIB
Pasaman masih Kekurangan Tenaga Dokter Ketua IDI Kabupaten Pasaman, dr Hamdi Sp.A, sedang melakukan pemeriksaan terhadap pasien.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pasaman, Dr. Hamdi mengatakan, kabupaten itu masih kekurangan tenaga dokter. Saat ini tenaga dokter baru tersedia sebanyak 80 orang. "Masih jauh dari target Nasional. Seharusnya terdiri dari 120 dokter dan 30 dokter spesialis," kata Hamdi di Lubuksikaping, Kamis (17/10).

Di Pasaman, katanya, jumlah tenaga dokter baru mencapai 80 orang dengan jumlah dokter spesialis sebanyak 13 orang untuk melayani kesehatan warga. Para dokter tersebut tersebar di 16 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit. 

"317.520 jiwa penduduk Pasaman hanya dilayani oleh 80 dokter, 13 diantaranya dokter spesialis. Hal ini masih jauh dari target Nasional. Dimana per 100.000 jiwa penduduk seharusnya terdapat 42 dokter dan per 100.000 penduduk terdapat 10 dokter spesialis," katanya. 

Hamdi berharap, pemenuhan kebutuhan tenaga medis khususnya dokter dapat difasilitasi segera oleh pemerintah daerah. Baik melalui penerimaan PNS, PTT ataupun Dokter kontrak untuk memenuhi target kebutuhan tersebut. 

"Untuk terwujudnya pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat, Pemda perlu melakukan rekrutmen untuk menambah ketersediaan tenaga dokter di Pasaman," katanya. (h/yud)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 18:43:44 WIB

    Polisi Ajak Warga Pasaman Ikut Berantas Narkoba

    Polisi Ajak Warga Pasaman Ikut Berantas Narkoba HARIANHALUAN.COM - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, mengajak masyarakat berperan aktif memberantas narkoba. Pasalnya, kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika terbilang tinggi di daerah itu, khususnya ganja..
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 13:09:28 WIB

    Sumbar Upayakan Jaringan Listrik di Desa Tanjung Lebar Pasaman

    Sumbar Upayakan Jaringan Listrik di Desa Tanjung Lebar Pasaman HARIANHALUAN.COM - Terkait penyediaan energi listrik di Desa Tanjung Lebar, Kabupaten Pasaman, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat telah mengupayakan penyediaan jaringan listr.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 13:05:46 WIB

    Sumbar Anggarkan untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan di Daerah Terpencil Pasaman

    Sumbar Anggarkan untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan di Daerah Terpencil Pasaman HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit peduli terhadap masyarakat, ditengah Pandemi Virus Corona (Covid-19). Ia ingin secara langsung berkunjung ke daerah terpencil di Kabupaten Pasaman melihat kondisi infrastr.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 23:40:48 WIB

    Penurunan Stunting di Pasaman Barat Perlu Sinergitas

    Penurunan Stunting di Pasaman Barat Perlu Sinergitas HARIANHALUAN.COM - Dalam Rangka percepatan penurunan angka stunting di Sumatera Barat, khususnya Pasaman Barat yang termasuk salah satu kabupaten penyandang tertinggi angka stunting, Diskominfo Sumbar lakukan koordinasi terka.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 23:01:39 WIB

    Turunkan Stunting, Diskominfo Pasaman Usulkan Tambahan Anggaran

    Turunkan Stunting, Diskominfo Pasaman Usulkan Tambahan Anggaran HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pasaman termasuk kabupaten/kota tertinggi penyandang angka stunting di Provinsi Sumatera Barat. "Untuk menekan angka stunting bahkan bisa capai zero stunting, semua itu haruslah didukung dengan an.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]