Moeldoko Komentari FPI: Sorry Ya, Tuhan Kok Dibela


Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:21:05 WIB
Moeldoko Komentari FPI: Sorry Ya, Tuhan Kok Dibela Kepala Staf Kepresiden Moeldoko.


JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mempertanyakan fungsi organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) di Indonesia. Menurutnya Islam dan Tuhan tak perlu dibela.


Pernyataan Moeldoko berawal dari pertanyaan peserta kuliah umum Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini. Sang peserta bertanya kepada Moeldoko apakah faktor agama mempengaruhi stabilitas negara Indonesia seperti terjadi di negara-negara Timur Tengah lewat fenomena Arab Spring.
"Apakah agama berpengaruh terhadap stability? Iya. Sekarang ini banyaklah yang mengklaim paling benar dengan agamanya. Dia sudah bisa mendefinisikan dengan masuk surga, orang lain masuk neraka," kata Moeldoko dalam kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).


Menurut Moeldoko persoalan agama sangat mempengaruhi stabilitas negara. Karenanya ia meminta tak ada lagi perdebatan minoritas dan minoritas.

Kemudian Moeldoko menyebut salah satu kelompok saat mencontohkan intoleransi. Moeldoko menyatakan dirinya adalah muslim dan tidak merasa agamanya perlu dibela oleh ormas itu.


"Mengapa harus ada apa itu Front Pembela Islam? Apa yang dibela? Ya sorry ya, aku langsung ngomong blak-blakan saja kan gitu. Memangnya Islam sedang dijajah oleh orang lain apa? Apalagi itu dibela? Tuhan kok dibela? Ngapain? Dia enggak perlu pembelaan," kata Moeldoko disambut tepuk tangan peserta kuliah umum.


Kemudian ia menuturkan belakangan ini banyak orang yang mengaku ustaz dan habib. Bahkan Moeldoko menyebut ada orang yang hanya bermodal Rp150 ribu, berbelanja pakaian di Tanah Abang, lalu mengklaim dirinya sebagai Habib.

Mantan Panglima TNI itu meminta tak ada lagi kelompok-kelompok yang mengusung intoleransi. Menurutnya hal itu hanya akan mengganggu stabilitas negara Indonesia.
"Enggak boleh dong, yang benar saja. Banyak yang sekarang seperti itu. Jangan menipu Tuhan lah, Tuhan Maha Tahu," katanya.

Pada Agustus 2019, Juru bicara Front Pembela Islam Slamet Ma'arif menyatakan bahwa FPI menyatakan bahwa FPI tak bertentangan dengan Pancasila.


Ketika itu, Slamet heran dengan pemerintah yang menuding mereka bertentangan dengan Pancasila.
"Kami bingung, sisi mana yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Kami sudah 21 tahun tidak ada masalah, bahkan kami NKRI harga mati. Setiap bencana kami hadir," kata Slamet ketika itu. FPI belum berkomentar tentang pernyataan Moeldoko yang mempertanyakan fungsi Ormas itu. CNNIndonesia.com masih berupaya menghubungi FPI. (*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Mei 2020 - 08:33:05 WIB

    Pemerintah Akui akan Kesulitan Atasi COVID-19, Ini Penjelasan Moeldoko

    Pemerintah Akui akan Kesulitan Atasi COVID-19, Ini Penjelasan Moeldoko HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut pemerintah akan kesulitan menghadapi pandemi COVID-19 tanpa keterlibatan masyarakat secara aktif sesuai dengan kapasitas mereka masing-masing..
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:41:01 WIB

    Moeldoko: Presiden Perkirakan Tahun Depan Booming Pariwisata

    Moeldoko: Presiden Perkirakan Tahun Depan Booming Pariwisata HarianHaluan.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta sektor pariwisata senantiasa bersiap untuk melakukan pemulihan pascapandemi Covid-19. Presiden, kata Moeldoko, memperkirakan tahun depan akan booming pariwisata..
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 16:11:52 WIB

    Oalah! Moeldoko hingga Wiranto Duet Lagu Ra Mudik Rapopo Malah Panen Sindiran

    Oalah! Moeldoko hingga Wiranto Duet Lagu Ra Mudik Rapopo Malah Panen Sindiran JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Ketua Watimpres Wiranto berkolaborasi menyanyikan lagu 'Ra Mudik Rapopo'. Alih-alih berkampanye mengajak warga tidak mudik selama pandemi virus corona, l.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 21:22:09 WIB

    Teka-Teki Moeldoko Temui Fadli Zon, Ternyata soal..

    Teka-Teki Moeldoko Temui Fadli Zon, Ternyata soal.. JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko menemui Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon, Kamis sore, 23 April 2020. Muncul isu Moeldoko sengaja menemui Fadli agar tak kritis la.
  • Ahad, 19 April 2020 - 17:54:28 WIB

    Legislator PDIP: Moeldoko Jangan Baper!

    Legislator PDIP: Moeldoko Jangan Baper! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Komarudin Watubun meminta Kepala Staf Kepresiden, Moeldoko tidak terbawa perasaan alias baper soal masyarakat yang menyorot kiner.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]