2020, PTBA – UPO Kembali Beroperasi


Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:22:41 WIB
2020, PTBA – UPO Kembali Beroperasi ilustrasi

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - PT Bukit Asam Unit Penambangan Ombilin (PTBA – UPO) akan kembali beroperasi, memproduksi batu bara, di kawasan Langkok Kota Sawahlunto, tahun 2020 mendatang. Sedikitnya 350 ribu ton batu bara berkualitas tinggi ditargetkan bisa ditambang setiap tahun.

“Kawasan Langkok masih memiliki cadangan yang sedikit lebih. Setidaknya terdapat 1,3 juta ton batu bara berkualitas tinggi,” ungkap General Manager PTBA – UPO, Nan Budiman di sela-sela HUT Persatuan Istri Karyawan Bukit Asam (Periska BA), Kamis (17/10).

Nan Budiman mengungkapkan, dengan cadangan 1,3 juta ton tersebut, untuk memproduksi batu bara tersebut, PTBA – UPO akan melakukan join dengan pihak ketiga. Pihak ketiga melakukan penambangan di bawah pengawasan PTBA UPO.

Untu teknis sendiri, lanjut Nan Budiman, pihak PTBA – UPO mengaku sudah siap, tinggal masalah lahan yang masih dalam proses. Dalam perencanaan, proses penambangan akan dilakukan tiga tahun dengan sistem terbuka. Dengan kapasitas produksi 350 ribu ton setiap tahun.

Tahun selanjutnya, proses penambangan akan dilakukan dengan sistem tambang dalam. Kawasan Langkok sendiri sebenarnya sudah pernah dilakukan penambangan oleh masyarakat, hanya saja masih pada lapisan A.

Sedangkan PTBA – UPO akan melakukan penambangan pada lapisan B dan lapisan C yang masih memiliki kandungan batu bara dengan kualitas terbaik.

Terkait dengan HUT Periska BA, sambutan Dirut PT Bukit Asam yang disampaikan, GM PTBA – UPO, Nan Budiman mengungkapkan, Periska BA memiliki peran yang sangat besar sebagai motivator para karyawan PT Bukit Asam selama ini.

“Peran dan motivasi Periska BA menjadi penguat bagi karyawan serta perusahaan dalam beroperasi. Sumber daya manusia karyawan yang unggul berasal dari seorang ibu dan istri di rumah tangga,” terangnya.

Tidak berbeda jauh, Ketua Periska BA, Ny. Erdawati Suherman mengharapkan, seluruh anggota Periska BA dapat mengaktualiasasi diri untuk kemajuan generasi penerus. “Saya yakin perempuan Periska kuat untuk itu,” tegas Erdawati.

HUT Periska BA ke 19 juga diwarnai dengan tausiah yang disampaikan ustadzah Astrie Ivo, yang mengangkat tema peran serta perempuan dalam mewujudkan sumber daya manusia unggul.

Astrie Ivo juga mengajak anggota Periska BA untuk lebih mengoptimalkan diri, dalam membina keluarga. “Gunakan waktu dan fasilitas yang ada dalam memajukan rumah tangga,” pungkas Atrie Ivo.(h/dil)

Reporter : Fadil /  Editor : heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]