40 Pembatik Sampan Kota Pariaman Ikuti Pelatihan


Jumat, 18 Oktober 2019 - 13:27:51 WIB
40 Pembatik Sampan Kota Pariaman Ikuti Pelatihan PELATIHAN Batik Sampan sedang berlangsung di Dusun Sampan, Desa Punggung Lading. TRISNALDI

PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM – Sejumlah pembatik Sampan Kota Pariaman ikuti pelatihan. Hal ini bertujuan untuk menggairahkan kembali industri kerajinan batik di daerah itu yang dulunya pernah jaya.

“Pelatihan batik tulis tersebut kini sedang berlangsung dan akan berakhir pada 30 Oktober di Dusun Sampan, Desa Punggung Lading, Pariaman Selatan Kota Pariaman,” kata Gusniyeti Zaunit, Kadis Perindagkop dan UKM daerah setempat, Kamis (17/10).

Selain itu, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari launching yang sudah dilakukan ketika kegiatan Pariaman Expo lalu.

Menurut Gusniyeti Zaunit, dulu-dulunya batik ini pernah berjaya namum entah karena apa, mulai sulit ditemukan.

Batik Sampan, batik Pariaman dan dapat menjadi ikon dengan kekhasanya, sama dengan batik-batik dari daerah lainya. Pelatihan, selain untuk membangkitkan kembali geliat batik Sampan melalui industri kerajinan, kegiatan ini berkembang, tenaga kerja terserap, ekonomi menggeliat.

Ada 40 anak muda ikuti pelatihan ini. Usianya berkisar antara 18 sampai 25 tahun. Umumnya perempuan.

Dari jumlah peserta itu, 29 peserta dari Punggung Lading, selebihnya dari desa sekitar di Pariaman Selatan. Instruktur dari Balai Diklat Industri di Padang, pelatihan berlangsung sampai tanggal 30 Oktober sejak tanggal 10 Oktober lalu dibuka.

Peserta diakhir pelatihan akan mendapat sertifikat dari BDI dan Kementerian Perindustrian, sertifikat kompetensi.

Gusniyeti Zaunit menambahkan, peserta usai pelatihan dapat bewira usaha batik sampan. Kemajuan yang dicapai dalam pelatihan menggembirakan dan optimis bisa sesuai target. “Soal pasar, selain dibantu BUMDes, juga Pemko,” kata Gusniyeti Zaunit mengakhiri. (h/tri)

 

 

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]