Mulan Jameela “Disenggol” KPK, Sang Artis Ucapkan Terimakasih


Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:42:28 WIB
Mulan Jameela “Disenggol” KPK, Sang Artis Ucapkan Terimakasih Mulan Jameela

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengingatkan anggota DPR Fraksi Gerindra Mulan Jameela terkait unggahan di akun instagramnya soal foto kacamata merek Gucci. Mulan merespons peringatan Saut dengan menyatakan dirinya dan Gerindra akan menjaga diri dari korupsi.
Awalnya, Saut mengingatkan agar setiap pejabat negara sebaiknya melaporkan ke Direktorat Gratifikasi terlebih dahulu terkait kegiatan endorsement.
"Sebaiknya harus dilaporkan dulu. Nanti KPK akan lakukan klarifikasi dalam konteks apa pemberian tersebut. Apakah dalam kaitan business to business atau apa," kata Saut saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/10).
Saut menegaskan saat ini Mulan tidak hanya berprofesi sebagai artis namun juga pejabat negara.

Ia menyebut pemberian hadiah secara gratis kepada pejabat negara bisa berpotensi menjadi pidana jika mengacu pada Pasal 12B ayat 1 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.
"Itu sebabnya mengapa pemberian ini bahkan di KPK diawasi oleh satu direktorat karena gratifikasi walau itu bukan suap akan tetapi bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," jelas Saut.

Saut menerangkan tim KPK yang nanti mengkaji secara filosofis, sosiologis dan juridis atas pemberian kacamata kepada Mulan.

Ia mengingatkan bahwa Mulan bisa saja menjadi tokoh politik yang baik di masa depan. Oleh karena itu, menurutnya tugas KPK adalah untuk menjaga kebaikan tersebut.

"Di masa depan bisa saja Mulan yang sudah jadi tokoh politik wanita nantinya yang bersangkutan akan memberikan kontribusi besar dalam membangun Indonesia," terang dia.
"Itu sebabnya mengapa seorang penyelenggara negara perlu dijaga oleh KPK agar mereka tetap fokus perform pada kinerja utama mereka karena jauh dari perilaku yang kemungkinan adanya conflict of interest," tuturnya.
Teguran KPK terhadap Mulan bermula dari unggahan istri Ahmad Dhani itu di akun instagram. Mulan mengunggah kacamata yang ia sebut dikirim oleh sebuah toko.

Unggahan itu kemudian dihapus Mulan. Dalam unggahan berikutnya, Mulan mengucapkan terima kasih kepada Saut atas masukannya yang disebutnya positif.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 00:13:53 WIB

    Belasan Jurnalis Masuk ODP Corona, Begini Awal Mulanya

    Belasan Jurnalis Masuk ODP Corona, Begini Awal Mulanya BOGOR, HARIANHALUAN.COM -- Belasan jurnalis di Kota Bogor was-was dan cemas karena mereka kini masuk Orang Dalam Pemantauan ODP virus Corona atau Covid-19 setelah mengikuti konferensi pers Wali Kota Bogor, Bima Arya..
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 07:43:35 WIB

    Pemulangan Jenazah WNA Corona yang Meninggal di RI Diurus Negara Asal

    Pemulangan Jenazah WNA Corona yang Meninggal di RI Diurus Negara Asal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Seorang WNA yang dinyatakan positif virus corona meninggal dunia ketika menjalani perawatan di Bali. Kementerian Luar Negeri mengatakan proses pemulangan dilakukan oleh konsulat jenderal negara.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:44:36 WIB

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah warga di desa Penagi, Kabupaten Natuna, disebut akan ikut melepas kepulangan ratusan WNI yang telah selesai menjalani observasi kesehatan selama 14 hari setelah dievakuasi dari daerah waba.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 06:39:55 WIB

    Stafus Ungkap Alasan Penolakan Jokowi soal Pemulangan Eks ISIS

    Stafus Ungkap Alasan Penolakan Jokowi soal Pemulangan Eks ISIS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Stafus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Dini Shanti Purwono, menegaskan kepala negara secara pribadi menolak rencana pemulangan WNI eks ISIS dari Suriah. Dini mengungkapkan alasan di balik sikap p.
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 07:33:44 WIB

    Ini Alasan Mahfud MD Tolak Pemulangan 660 WNI Bekas ISIS

    Ini Alasan Mahfud MD Tolak Pemulangan 660 WNI Bekas ISIS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai pribadi, Prof Mahfud Md punya pendapat senada dengan sejumlah pihak yang keberatan dengan rencana pemulangan 660 orang warga negara Indonesia (WNI) mantan anggota Islamic State of Iraq an.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]