Total Hadiah Rp100 Juta, STCM Diikuti Pelari Mancanegara


Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:57:01 WIB
Total Hadiah Rp100 Juta, STCM Diikuti Pelari Mancanegara Peserta lari Sawahlunto Coail Trail Marathon 2017 lalu. NET

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Mengusung tagline menjaga alam, memghormati budaya dan mendukung perekonomian lokal, masyarakat beserta perantau Nagari Kubang dan Lunto kembali menggelar Sawahlunto Coal Trail Marathon (SCTM), yang diikuti pelari mancanegara, Sabtu (19/10).

Tahun ini SCTM digelar untuk ketiga kalinya, dengan jumlah peserta mencapai 300 orang. Tidak hanya masyarakat lokal, lari maraton dengan empat kategori itu juga diikuti peserta mancanegara yakni Belgia, Ceko, dan Kenya.
"Alhamdulillah, peserta mengalami peningkatan setiap tahunnya. Awal mula dulu hanya delapan puluhan peserta. Tahun kedua mencapai seratus dua puluh orang," ungkap Ketua Panitia STCM, Tifal  Godoras kepada Haluan, Jumat (18/10).

Menurut Tifal, kepada Haluan, hingga Jumat siang, jumlah peserta sudah mencapai 230 orang. Diperkirakan total peserta bisa menembus angka 300 orang.

Adapun rute yang akan ditempuh peserta dengan titik start Lapangan Segitiga, Museum Kereta Api, Puncak Poland, Batu Pipik, Nagari Kubang, hingga Nagari Lunto. Kategori 13 kilometer dan 17 kilometer akan finish di Nagari Kubang.

Sementara untuk kategori 25 kilometer dan 42 kilometer akan finish di Lapangan Segitiga.
Iven STCM memang terbilang sangat menggoda para pelari maraton. Sebab, dari empat kategori yang dipertandingkan, panitia menyediakan total Rp100  juta hadiah bagi pemenang.
Empat kategori yang diperlombakan masing-masing, kategori pelajar 13 kilometer, selanjutnya kategori 17 kilometer, 25 kilometer, dan kategoru 42 kilometer.

Pria yang bergabung dalam salah satu NJO bidang pemberdayaan masyarakat di tanah Papua itu mengatakan, iven STCM didukung Bank Nagari, PT Bukit Asam, Pemko Sawahlunto, Semen Padang, serta masyarakat dan perantau Nagari Kubang dan Lunto.

Intinya, terang pria kelahiran 28 Januari 1987 itu, iven olahraga tersebut, selain untuk mendorong semangat berolahraga di tengah masyarakat, juga untuk mengenalkan keindahan alam Sawahlunto, khususnya yang berada di Nagari Kubang daj Nagari Lunto.

Tidak hanya itu, Tifal didampingi sekretaris panitia Fia Nur Aulia menambahkan, dalam pelaksanaan olahraga maraton itu, peserta juga akan disuguhi dengan makanan khas Sawahlunto yakni, ale-ale, lapek, sonok, cendol, hingga tebu dan kelapa muda.(h/dil)

Reporter : fadil /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 02 November 2019 - 09:40:24 WIB

    TdS 2019 Resmi Dimulai, Berhadiah Total Rp2,3 Miliar

    TdS 2019 Resmi  Dimulai, Berhadiah Total Rp2,3 Miliar PARIAMAN, HARIANHALLUAN.COM- Tour de Singkarak (TdS) tahun 2019 resmi digelar, setidaknya ada sebanyak 180 pebalap yang berasal dari 24 Negara yang tergabung dari 20 tim ikut dalam TdS ke-11 ini, yang akan memperebutkan tota.
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 20:44:01 WIB

    Iven Pacu Kuda Tanah Datar Sukses, Total Pengunjung Mencapai 40 Ribu Orang

    Iven Pacu Kuda Tanah Datar Sukses, Total Pengunjung Mencapai 40 Ribu Orang TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Iven pacu kuda di lapangan Dang Tuanku Bukik Gombak, Batusangkar berakhir. Ajang olahraga tahunan terbesar di Tanah Datar itu dikunjungi sekitar 30 hingga 40 ribuan masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]