Waspada Narkoba Cair di Vape, Ini Cara Mengenalinya


Jumat, 18 Oktober 2019 - 20:18:51 WIB
Waspada Narkoba Cair di Vape, Ini Cara Mengenalinya Ilustrasi

LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Polisi sempat mengamankan artis Vicky Nitinegoro untuk diperiksa karena diduga menyalahgunakan narkoba. Pada akhirnya Vicky dibebaskan karena tidak terbukti. Sementara rekannya, AC, ditahan setelah polisi menemukan narkotik golongan 1 di cairan atau liquid vape.
"Yang terbukti inisial AC ini kita lakukan pemeriksaan kembali nanti setelah dilakukan positif narkotika jenis (golongan) satu nanti kita tahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/10/2019).
Terkait hal tersebut dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) mengatakan bahwa memang narkoba cair sering disamarkan menjadi liquid vape. Alasannya karena di Indonesia tidak ada aturan yang mengatur standar isi liquid vape sehingga tiap produsen bebas meraciknya.

Lalu adakah cara membedakan liquid vape yang mengandung perasa atau nikotin biasa dengan narkoba cair yang disamarkan jadi liquid vape?
"Sebenarnya kalau dilihat secara kasat mata gitu enggak ada bedanya dengan liquid nikotin biasa untuk vaping. Secara fisik akan susah dibedakan kecuali memang yang sudah tahu bahwa itu isinya lain," kata dr Hari, Jumat (18/10/2019).
Menurut dr Hari seseorang mungkin bisa saja membedakan dengan melihat pita cukai pada kemasan liquid vape. Menurut peneliti yang fokus pada masalah narkoba ini, liquid vape berisi narkoba cair karena ilegal cenderung tidak memiliki pita cukai.
"Tapi bukan tidak mungkin juga cukai itu dipalsukan. Jadi tetap perlu berhati-hati orang yang vaping waspada kalau beli liquid," lanjutnya.
(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 14:53:43 WIB

    Waspada Bila Anak Tiba-tiba Sakit Perut, Bisa Jadi Tanda Tertular Corona

    Waspada Bila Anak Tiba-tiba Sakit Perut, Bisa Jadi Tanda Tertular Corona HarianHaluan.com - Virus corona menyerang berbagai kalangan, yang tua hingga anak-anak bahkan bayi, waspadai gejala sakit perut yang dirasakan anak bisa jadi satu gejala..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 12:52:34 WIB

    Waspada Ya! Pemilik Golongan Darah A Rentan Terinfeksi Virus Corona

    Waspada Ya! Pemilik Golongan Darah A Rentan Terinfeksi Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Orang dengan golongan darah A disebut lebih rentan terhadap infeksi virus corona. Sementara mereka pemilik golongan darah O disebut lebih resisten terhadap virus penyebab COVID-19. Hal ini d.
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 09:11:33 WIB

    Wajib Waspada..! Bencana Banjir Bisa Picu Stres Hingga Depresi

    Wajib Waspada..! Bencana Banjir Bisa Picu Stres Hingga Depresi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi menjadi bencana yang cukup mengejutkan pada awal tahun 2020 ini..
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 09:02:03 WIB

    Waspada Skullbreaker Challenge, Orang Tua-Guru Jangan Sampai Lengah Awasi Anak

    Waspada Skullbreaker Challenge, Orang Tua-Guru Jangan Sampai Lengah Awasi Anak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara terkait tantangan 'skullbreaker challenge' yang ramai di media sosial. Ketua KPAI Susanto mengatakan hal itu berbahaya dan meminta para ora.
  • Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:03:07 WIB
    Lebih Tiga Jam, Mudah Berperilaku Negatif

    Waspadai Pola Menonton Anak

    Waspadai Pola Menonton Anak JAKARTA, HALUAN — Was­padalah jika Anda sering membiarkan anak menonton televisi (TV) selama lebih dari tiga jam sehari. Anak yang menonton TV lebih dari tiga jam dipercaya lebih berisiko melakukan perbuatan negatif. Mu­l.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]