Anggota DPD Alirman Sori Desak  Pemerintah Jamin Keamanan Perantau di Wamena


Jumat, 18 Oktober 2019 - 21:19:24 WIB
Anggota DPD Alirman Sori Desak  Pemerintah Jamin Keamanan Perantau di Wamena Alirman Sori Anggota DPD Asal Sumatera Barat

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Anggota DPD RI asal Sumatera Barat,Alirman Sori mendesak pemerintah pusat untuk segera menyelesaikan kasus kerusuhan Wamena, sampai hari ini belum ada jaminan konkrit terhadap perantau yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang tinggal di Wamena.

"Negara harus menjamin melindungi seganap anak bangsa.  Kerusuhan terjadi di Wamena beberapa waktu lalu yang telah membuat traumatik para perantau yang tinggal Wemena. Traumatik ini akan berkepanjangan kalau negara tidak hadir menjamin kepastian keamanan dan akan menganggu stabilitas sosial kemasyarakatan,"  ujarnya dalam keterangan , Jumat (18/10).

Alirman Sori mencontohkan, sekitar 800 orang perantau Wamena asal Sumatera Barat sudah kembali ke ranah minang dan bukti nyata bahwa negara dan pemerintah tidak hadir ditengah kerusuhan yang terjadi mengambil langkah-langkah refresif menyelesaikan kejahatan pembantaian manusia di Wamena.

Menurut Alirman Sori,apabila tidak ada penyelesaian kasus Wamena oleh Pemerintah, selain akan menggangu hubungan sosial kemasyarakatan, juga akan mengancam stabilitas keamanan secara nasional.

Senator asal Sumbar ini menduga, kerusuhan yang terjadi di Wamena bukan berdiri sendiri. "Dugaan kuat ada pihak-pihak yang memainkan peran untuk memperkeruh suasana, karena kita tahu bahwa Wamena selama ini adalah daerah yang aman dan tidak pernah terjadi kerusuhan. Kehidupan sosial kemasyarakatan di Wamena aman dan kondusif," jelasnya.

Senator Alirman Sori, menghimbau perantau yang tinggal di Wamena, untuk tetap tenang dan bertahan tinggal di Wamena, karena orang Papua adalah orang yang baik dan cinta damai.

Alasan Alirman Sori mengatakan orang Papua baik dan cintai damai, berdasarkan pengalamannya bertugas melakukan kunjungan kerja di papua dan Wamena, periode 2009-2014 dia menjadi senator."Saya merasakan kehangatan betapa baiknya orang Papua dan secara khusus di Wamena," ujar Alirman Sori mengenang.

Untuk itu,Alirman Sori,berharap perantau yang masih  tinggal di Wamena untuk tetap bertahan tinggal di sana. DPD akan mendesak agar pemerintah memberikan jaminan keamanan dan menindak oknum-oknum yang melakukan tindak kejahatan kemanusiaan di Wamena.

"Apapun alasan, ini adalah NKRI, siapapun berhak hidup dimuka bumi Indonesia, dan negara harus memberi rasa aman dan menjamin keamanan setiap warga negaranya," tegas Alirman Sori.(*)

 Sumber : HMS /  Editor : dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]