Ada-ada Saja..!  Bantah Klaim Dukun Ki Sabdo, Ketua NasDem: Nyi Roro Kidul Enggan Datang ke Pelantikan Jokowi


Sabtu, 19 Oktober 2019 - 10:47:54 WIB
Ada-ada Saja..!  Bantah Klaim Dukun Ki Sabdo, Ketua NasDem: Nyi Roro Kidul Enggan Datang ke Pelantikan Jokowi Ilustrasi Nyi Roro Kidul . (dok. LIPI)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Video Ki Sabdo yang tengah melakukan ritual gaib  sedang viral di medsos. Dukun ini mengkalim sedang bersemedi memanggil  memanggil Nyi Roro Kidul untuk mengamankan pelantikan Jokowi. 

Namun sejumlah kalangan menilai  aksi dukun di gedung Nusantara V,  adalah  sesuatu yang  tidak relevan dengan era saat ini.  ketua DPP NasDem, Taufiqulhadi bahkan  yakin  Nyi Roro Kidul tidak akan  sudi  datang ke Jakarta.

Taufiq menegaskan, pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin tidak ada kaitannya dengan mahkluk halus. Taufiq kemudian juga menyinggung mitos Nyi Roro Kidul.

"Jadi tidak ada hubungan sama sekali dunia halus. Tidak ada hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul tidak mau jalan terlalu jauh hingga ke Jakarta yang sudah masuk laut utara," ujarnya  dilansir Detik.com, Sabtu  (19/10).

Taufiq menyebut urusan keamanan tidak ada relevansinya dengan dunia gaib. Dia mengatakan urusan pengamanan adalah tanggung jawab aparat penegak hukum.

"Jadi persoalan aman atau tidak aman, itu urusan dunia nyata. Aman atau tidak aman, itu sepenuhnya urusan pihak penegak hukum atau aparat negara, yang telah diserahi tugas untuk mengaman pelantikan presiden," pungkasnya.

Sejak kemarin sebuah video beredar di media sosial dan menunjukkan Ki Sabdo yang mengaku tengah ritual untuk mengamankan pelantikan Presiden Jokowi yang akan digelar pada 20 Oktoberbesok.

Dalam video yang beredar, tampak Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Saat ditanya oleh si perekam video, Ki Sabdo mengaku tengah melakukan 'geladi bersih' untuk pengamanan pelantikan Jokowi.

"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan," ujar Ki Sabdo dalam video tersebut. (*) 


 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM