Anak “Gila” Karena Kecanduan Ponsel, Ini Pesan Dokter Jiwa


Sabtu, 19 Oktober 2019 - 11:39:05 WIB
Anak “Gila” Karena Kecanduan Ponsel, Ini Pesan Dokter Jiwa Ilustrasi

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua Provinsi Jawa Barat dilaporkan dalam sebulan bisa menangani hingga 12 pasien anak-anak yang kecanduan ponsel. Sementara itu di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta sejak tahun ajaran baru menerima sebanyak 35 pasien remaja kecanduan ponsel.


Dua laporan tersebut hanya contoh dari ramainya peningkatan pasien anak dan remaja di RSJ karena kecanduan ponsel dan game. Menurut ahli kejiwaan dr Yaniar Mulyantini, SpKJ, ada hal yang bisa diambil pelajaran dari kejadian ini.

"Ya, ada hal positif dan negatif. Hal positifnya berarti ada awareness orang untuk hal ini diatasi karena mereka mau datang ke RSJ. Nah, negatifnya ini suatu hal yang mungkin banyak terjadi di masyarakat sehingga penanganan belum banyak diketahui sampai akhirnya numpuk dan banyak. Sekarang jadi angkanya tinggi," kata dr Yaniar yang sehari-hari praktik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu.

dr Yaniar berpesan agar orang tua lebih waspada dengan bahaya adiksi ponsel dan game pada anak. Pembatasan dan pengawasan tetap harus dilakukan oleh orang tua untuk mencegah kecanduan.
Orang tua disarankan untuk mempertimbangkan usia anak yang siap untuk dapat menggunakan ponsel dengan bijak. Pengawasan orang tua akan waktu dan akses penggunaan ponsel pada anak juga diperlukan.


Menurut dr Yaniar sebaiknya anak tidak terpapar game atau ponsel lebih dari dua jam per hari. Bahkan, kalau bisa anak hanya boleh mengakses game ataupun ponsel saat akhir pekan.
"Yang penting itu pengawasan dan harus ada interaksi di dunia nyata. Karena kadang yang terjadi itu kan terlalu asyik dengan ponsel atau gadget akhirnya lupa sama relasi sosial," pungkasnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Maret 2020 - 11:25:29 WIB

    Sambut Penas Tani, Tanam Perdana Varitas Anak Daro

    Sambut Penas Tani, Tanam Perdana Varitas Anak Daro SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua DPRD Yutriscan dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat Candra, melakukan tanam padi perdana di areal sawah Solok, Senin ( 9/3).
  • Senin, 20 Januari 2020 - 21:10:56 WIB

    Sedih..! Belasan Tahun Sudah Janda dengan 6 Anak Ini Huni 'Gubuk Derita'

    Sedih..!  Belasan Tahun Sudah Janda dengan 6 Anak Ini Huni 'Gubuk Derita' PAINAN, HARIAN HALUAN.COM-Lilis Nopita (47)  seorang janda miskin dengan anak  sudah belasan tahun menghuni rumah mirip Gubuk Derita di Nagari Lagan Hilir Punggasan,Kecamatan Linggo Sari Baganti,Kabupaten Pesisir Selatan (P.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 08:24:22 WIB

    Inilah Detik-detik Mendebarkan, Saat Petugas BKSDA Evakuasi Anak Beruang Madu di Pasbar

    Inilah Detik-detik Mendebarkan,  Saat Petugas BKSDA Evakuasi Anak Beruang Madu di Pasbar PASBAR,HARIANHALUAN.COM-Saat terkena perangkap babi, anak beruang madu berusia 1 tahun itu diduga sedang berjalan keluar dari kawasan hutan lindung bersama induknya..
  • Kamis, 21 November 2019 - 08:14:28 WIB

    Anak Idap Autisme, Begini Cara Dian Sastro Berkomunikasi

    Anak Idap Autisme, Begini Cara Dian Sastro Berkomunikasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Artis Dian Sastro kembali berbagi informasi dan pengalaman memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK), dengan spektrum autisme. Kali ini ia menceritakan bagaimana anaknya lebih tertarik dengan penjela.
  • Selasa, 05 November 2019 - 10:03:53 WIB

    Pemkab Dharmasraya Hadirkan Puskesmas Layak Anak

    Pemkab Dharmasraya Hadirkan Puskesmas Layak Anak DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Implementasi Kabupaten Layak Anak terus diperkokoh Kabupaten Dharmasraya. Setelah mendorong implementasi kabupaten layak anak hingga ke kecamatan dan nagari, kini Pemerintah Kabupaten Dharmasraya .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]