Ini Negara Paling Banyak Utang ke China, Bagaimana dengan RI?


Sabtu, 19 Oktober 2019 - 11:46:10 WIB
Ini Negara Paling Banyak Utang ke China, Bagaimana dengan RI? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - China merupakan salah satu negara yang sering memberikan pinjaman kepada negara lain, tak terkecuali Indonesia. Pinjaman dari luar negeri yang diberikan beragam, bisa bilateral, multilateral sampai fasilitas kredit.
Mengutip laman Statista, Sabtu (19/10/2019), berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Kiel Institute For Global Economy, saat ini ada tujuh negara yang utangnya banyak ke China.
Bahkan sampai lewat dari 25% dari produk domestik bruto mereka. Apa saja negara itu? Indonesia masuk urutan nggak ya?

Statista mencatat negara terbanyak yang meminjam adalah Djibouti, Nigeria dan Republik Kongo. Ketiganya berada di Afrika. Kemudian ada empat negara lain yang berasal dari Asia yaitu Kyrgyzstan, Laos, Kamboja dan Maladewa.
Utang-utang ini merupakan pinjaman langsung dan tidak termasuk kepemilikan utang jangka pendek.
Di China, pinjaman luar negeri langsung mulai tumbuh pesat sekitar 2010 lalu. Hal ini karena China mampu memberikan pinjaman yang lebih besar dengan masa waktu yang lebih pendek dibandingkan meminta bantuan ke Bank Dunia.
Namun ada risiko gagal bayar di balik banyaknya utang luar negeri negara-negara tersebut ke China.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Juni 2020 - 22:16:28 WIB

    Cara Medis Ini Dinilai Efektif untuk Pemulihan Pasien Covid-19

    Cara Medis Ini Dinilai Efektif untuk Pemulihan Pasien Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Satu studi dilakukan di rumah sakit Texas, Amerika Serikat belum lama ini menunjukkan transfusi plasma konvalesen membantu perbaikan klinis pada 76 persen pasien infeksi virus corona. Studi itu melibatkan 2.
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 17:59:33 WIB

    Trump Melarang Pesawat China Mendarat di AS, Ini Daftarnya

    Trump Melarang Pesawat China Mendarat di AS, Ini Daftarnya HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump melarang pesawat-pesawat penumpang dari China mendarat di AS. Ada beberapa maskapai China yang kena aturan Trump ini..
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 12:54:32 WIB

    Sejumlah Negara Kini Serang Balik Trump

    Sejumlah Negara Kini Serang Balik Trump HARIANHALUAN.COM - Bagi negara-negara yang menjadi sasaran kritik AS karena dianggap melanggar hak-hak demokrasi, kematian George Floyd memberikan peluang untuk membalikkan keadaan di Washington. Berikut adalah bagaimana medi.
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 06:51:13 WIB

    Waduh! Merpati Ini Dikira Mata-mata Karena Terbang Lintas Negara

    Waduh! Merpati Ini Dikira Mata-mata Karena Terbang Lintas Negara HARIANHALUAN.COM - Polisi India akhirnya melepaskan seekor merpati milik warga Pakistan karena sempat dikira mata-mata. Tapi akhirnya, merpati diputus tak bersalah..
  • Senin, 01 Juni 2020 - 19:21:30 WIB

    Viral! Pria Ini Melahirkan Anak Ketiga, Bagikan Foto-foto Persalinan

    Viral! Pria Ini Melahirkan Anak Ketiga, Bagikan Foto-foto Persalinan HARIANHALUAN.COM - Momen melahirkan anak merupakan salah satu saat-saat yang berkesan dalam hidup. Demi merayakan kelahiran anak ketiganya, seorang pria sekaligus transgender bernama Yuval Topper-Erez pun membagikan foto-foto.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]