Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana ke Jepang


Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:48:09 WIB
Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana ke Jepang Wagub Sumbar, Nasrul Abit, tengah memotret papan keterangan bencana di Sendai, Jepang, sembari menyimak penjelasan tentang tata kelola penanganan bencana di negara tersebut, Sabtu (19/10). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peningkatan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana gempa dan tsunami terus menjadi fokus Pemprov Sumbar. Terkini, Wakil Gubernur Nasrul Abit (NA) berkunjung ke Sendai, Jepang, untuk mempelajari lebih detil tata kelola dan penanganan bencana di daerah yang pernah dihantam gempa berkekuatan 9,0 SR tersebut.

"Setelah kejadian gempa 30 September 2009, Sumbar tak pernah berhenti belajar dan terus meningkatkan kesiapsiagaan. Baik dari segi sarana prasarana seperti shelter, edukasi ke masyarakat, sampai ke hal-hal teknis seperti aturan bangunan di kawasan zona merah bencana," kata Nasrul Abit lewat percakapan Whatsaap, Sabtu (19/10).

Selama di Sendai, sambung Nasrul, ia didampingi oleh Wakil Gubernur Prefecture Miyagi, Fukuchiji. Selain itu, ia juga berkesempatan mengunjungi Arahama Elementary School, yaitu satu-satunya bangunan yang tersisa pasca-Sendai diterjang gempa 9,0 SR serta gelombang tsunami pada 2011 lalu, yang menimbulkan korban jiwa hingga ribuan orang.

"Saya mendapatkan penjelasan yang detil dari Wagub Fukuchiji. Terutama tentang tren penanganan bencana di Jepang yang telah berubah dari pendekatan pencegahan, ke pendekatan pengurangan risiko bencana. Bagaimana tata kelola pascabencananya, juga kita salin dan pelajari di sini," ucap Nasrul lagi.

Salah satu upaya Sendai untuk mengurangi risiko bencana tersebut, sebut Nasrul, adalah dengan mengutamakan perlindungan jiwa bagi masyarakat di sana. "Salah satunya itu sea wall atau dinding laut. Ini patut kita pertimbangkan juga kemungkinannya," sebutnya lagi. (h/isq)

Reporter : Ishaq /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]