Begini Cara Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel


Ahad, 20 Oktober 2019 - 11:17:58 WIB
Begini Cara Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menandatangani aturan validasi IMEI pada Jumat (18/10). Aturan ini akan diterapkan mulai April 2020.

Pengguna yang menggunakan ponsel ilegal alias BM (black market) diharuskan melakukan registrasi IMEI sebelum Februari 2020.

Untuk mengecek keaslian ponsel, Anda bisa melakukan sejumlah cara berikut:



Cek kardus

Sebelum Anda membeli, periksa kardus ponsel lalu cari stiker IMEI. Jika ada keterangan 'Dirakit di Indonesia' atau 'Diproduksi di Indonesia' maka dapat dipastikan ponsel tersebut bergaransi resmi.

Cek distributor

Produsen seperti Oppo dan Huawei tidak merakit ponselnya di Indonesia, tapi bekerja sama dengan distributor. PT Indonesia Oppo Electronics dan PT Sat Nusapersada merupakan dua distributor resmi yang memberikan garansi resmi untuk vendor ponsel.

Beli di toko offline resmi

Cara lain agar tak terhindar penjual nakal ponsel ilegal yakni dengan membeli di toko resmi vendor atau melalui toko milik distributor resmi.

Cara periksa validasi nomor IMEI

Untuk pengguna iPhone, Anda bisa mengetahui nomor IMEI perangkat melalui menu pengatran > umum ? tentang > telusuri laman tersebut hingga ada informasi nomor IMEI. Sementara pengguna Xiaomi bisa menelusuri melalui menu pengaturan > tentang ponsel > status > kode IMEI.

Pemilik ponsel Samsung bisa menelusuri nomor IMEI perangkat melalui menu pengaturan > tentang ponsel > cari kode IMEI.

Setelah mengantongi nomor IMEI, Anda bisa mengeceknya dengan mengakses situs https://imei.kemenperin.go.id/ Masukkan nomor IMEI ke situs itu, kemudian muncul informasi mengenai legalitas ponsel.

Selain melakukan verifikasi melalui situs resmi, Kemenperin dan Kemenkominfo menjanjikan tengah mengembangkan aplikasi ponsel. Nantinya pengguna bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek keaslian ponsel mereka.

"Kita buat aplikasi untuk memeriksa IMEI, tidak usah browsing ke situs Kemenperin lagi. Sekarang lebih mudah, enam bulan masih panjang," ujar Menkominfo Rudiantara usai penandatangan IMEI di kantor Kemenperin, Jakarta Selatan, Jumat (18/10).(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Mei 2020 - 09:11:08 WIB

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM -- Instagram kini sudah bisa video call 50 orang. Ini karena aplikasi berbagi foto milik Facebook ini sudah terintegrasi dengan Messenger Rooms. Bagi yang ingin tahu ini caranya video call via Instagram denga.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:36:09 WIB

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang HARIANHALUAN.COM - Instagram saat ini bisa melakukan panggilan video bersama 50 orang sekaligus. Panggilan video ini terintegrasi dengan platform panggilan video milik Facebook, yaitu Messenger Rooms..
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 13:35:42 WIB

    Hore! Ada Kuota Gratis 30 GB untuk Guru, Begini Cara Mendapatkannya

    Hore! Ada Kuota Gratis 30 GB untuk Guru, Begini Cara Mendapatkannya HarianHaluan.com - Google bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan sejumlah operator seluler di Indonesia, memberikan paket data internet gratis, demi mendukung kebijakan belajar dari rumah..
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 23:16:27 WIB

    Keren! Begini Tampilan Dark Mode Facebook

    Keren! Begini Tampilan Dark Mode Facebook Tampilan baru situs desktop Facebook akhirnya meluncur secara global setelah pertama kali diumumkan di ajang F8 tahun lalu. Desain baru ini membawa tampilan yang lebih sederhana dan dark mode yang telah lama ditunggu-tunggu..
  • Senin, 04 Mei 2020 - 11:44:55 WIB

    Begini Caranya Mengetik Pakai Suara dengan Aplikasi Google Keyboard

    Begini Caranya Mengetik Pakai Suara dengan Aplikasi Google Keyboard JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gboard (Google Keyboard), aplikasi papan ketik virtual Google disebut mampu menawarkan kemampuan untuk mengetik menggunakan suara (voice). Fitur itu kompatibel dengan hampir semua aplikasi perpesan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]