Ritual Dukun Amankan Pelantikan Jokowi, MUI: Perbuatan Syirik..!


Ahad, 20 Oktober 2019 - 12:15:39 WIB
Ritual Dukun Amankan Pelantikan Jokowi, MUI: Perbuatan Syirik..! Paranormal duduk di salah satu sisi gedung DPR/MPR jadi viral. (dok.repiblika)

JAKARTA,HARIANHALUAN COM- Majelis Ulama Indonesia (MUI)  menegaskan ritual dukun  di  Gedung DPR RI   seperti pada sebuah video yang viral di media sosial itu  adalah perbuatan syirik.

Dalam video tersebut menunjukkan seorang mengaku bernama Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V DPR RI. 


Menurut MUI, ritual semacam ini menjurus kepada syirik yang dilarang agama.  Karena itu


Wakil Ketua Umum MUI Pusat Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, MUI mengajak semua pihak untuk tidak menjadikan hal tersebut sebagai polemik yang menguras energi. 

Menurut dia, hal tersebut belum tentu menjadi agenda yang dibuat oleh Kesekjenen MPR. 

"Boleh jadi hanya inisiatif orang per orang yang tidak ada kaitannya dengan rencana agenda kegiatan MPR. Pihak Pimpinan MPR dan Kesekjenan juga sudah membantah dan mengklarifikasi hal tersebut. Jadi tidak perlu dibesar-besarkan," ujar Zainut dikutip republika, Ahad.

Zainut melanjutkan, MUI tidak merekomendasikan praktik ritual seperti itu karena menjurus pada perbuatan klenik, khurafat, dan dekat dengan syirik yang dilarang oleh agama. 

"MUI meyakini untuk pengamanan kegiatan pelantikan Presiden, pihak keamanan pasti sudah memiliki standard operasional prosedur (SOP) yang sudah digariskan oleh negara," tambah Zainut.  

Dalam video yang viral, seorang yang bernama Ki Sabdo mengaku tengah melakukan geladi bersih untuk mengamankan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang akan digelar pada Ahad (20/10). 

Dia mengaku memanggil bangsa jin dalam geladi bersih tersebut. (*)

 Sumber : Republika.co.id /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 00:07:09 WIB

    Arkeolog Temukan 30 Peti Mati Kayu Berusia 3.000 Tahun, Bekas Ritual Apa?

    Arkeolog Temukan 30 Peti Mati Kayu Berusia 3.000 Tahun, Bekas Ritual Apa? MESIR, HARIANHALUAN.COM -  Arkeolog asal Mesir belum lama ini mengumumkan telah menemukan 30 peti mati kayu berusia 3.000 tahun. Ditemukan di situs El-Assasif, peti mati kayu ini menimbulkan tanya. Banyak yang menyebut bahwa.
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 08:34:24 WIB

    Pakar: LGBT Tidak Alamiah, Tapi Ideologi dan Seks Ritualnya

    Pakar: LGBT Tidak Alamiah, Tapi Ideologi dan Seks Ritualnya PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pakar komunikasi Universitas Andalas Emeraldy Chatra, yang juga konsen melakukan penelitian terkait penyimpangan seksual, para pelaku LGBT, memang banyak berkumpul di dunia maya, atau medsos..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]