Apa Penyebab Muncul Keinginan Bunuh Diri? Yuk Cari Tahu...


Ahad, 20 Oktober 2019 - 14:47:04 WIB
Apa Penyebab Muncul Keinginan Bunuh Diri? Yuk Cari Tahu... Artis Korea, Sulli eks member f(x), yang ditemukan bunuh diri.

HEALTH, HARIANHALUAN.COM - Keinginan bunuh diri kerap muncul ketika seseorang mengalami depresi dan tidak tertangani dengan baik. Menyusul artis Korea, Sulli eks member f(x), yang ditemukan bunuh diri, artis belia Ariel Tatum juga mengaku pernah mencoba bunuh diri.

Depresi kerap mengawali dorongan untuk bunuh diri. Perasaan sedih dan tertekan yang berlarut-larut bisa mengubah emosi dan perilaku seseorang dan mendorongnya untuk berbuat nekat.

"Saat depresi, kita fokus pada perasaan negatif. Bisa perasaan tidak berdaya lagi, hilang harapan, perasaan 'kok kita kayaknya lebih banyak sakitnya'. Itu bisa menjadi pemicu, bunuh diri sebagai salah satu cara mereka untuk keluar dari masalah," kata Linda Setiawati, seorang
psikolog klinis dari Personal Growth.

Dengan makin maraknya kasus bunuh diri yang mencuat ke permukaan, kepedulian terhadap lingkungan sekitar sangat dibutuhkan. Semakin dini mengenali kecenderungan tersebut, semakin banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Biasanya kita akan menemukan perubahan jika memang ada kecenderungan depresi atau misalnya keingingan bunuh diri, paling mudah kalau kita bicara tentang mood-nya. Dari yang tadinya mereka bisa senang, ketawa, have fun bareng-bareng kalau lagi do something yang menyenangkan, jadi nggak gitu enjoy ya," terang Linda.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 19:21:54 WIB

    Begini Cara Maskapai Internasional Usir Covid-19 Masuk Pesawat

    Begini Cara Maskapai Internasional Usir Covid-19 Masuk Pesawat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Industri perjalanan ikut merasakan dampak mewabahnya virus corona di penjuru dunia. Perlu diketahui bahwa selain ke negara yang terdampak virus corona, seperti China dan Hong Kong, maskapai penerba.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 08:04:29 WIB

    Takut Seperti Chernobyl, Batan akan Tebang Pohon Terpapar Radioaktif

    Takut Seperti  Chernobyl, Batan akan Tebang Pohon Terpapar Radioaktif JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dampak mutasi terhadap tumbuhan dan hewan ini sudah terbukti pada saat kecelakaan reaktor nuklir di Chernobyl.  Karena itu Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) akan menebang pohon-pohon yang sudah te.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 10:29:05 WIB

    Tingkatkan Capaian KB, Bkkbn, IBI dan Dinkes Sumbar  Bersinergi

    Tingkatkan Capaian KB, Bkkbn, IBI dan Dinkes Sumbar  Bersinergi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Bkkbn), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar melakukan koordinasi dan sinergi dalam rangka meningkatkan capaian KB di .
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 18:10:53 WIB

    Jaga Kebersihan! Usia TPA Air Dingin Diprediksi Hanya Bertahan Delapan Tahun Lagi

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tempat Pembuangkan Akhir (TPA) yang terletak di daerah Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang hampir melebihin kapasitasnya dalam menampung sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang.
  • Sabtu, 23 November 2019 - 15:52:04 WIB

    Dewi Hughes Hanya Makan "Real Food", Apa Sih Itu?

    Dewi Hughes Hanya Makan KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Bikin pangling, Dewi Hughes kini tampil langsing dan sehat berkat diet hipnoterapi yang ia jalankan. Ia berhasil menurunkan bobot sebanyak 90 kg dengan melakukan diet hipnoterapi pada dirinya sen.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]