Wujudkan Kabupaten Serasi, RTRW Tanah Datar Perlu Direvisi


Ahad, 20 Oktober 2019 - 19:01:55 WIB
Wujudkan Kabupaten Serasi, RTRW Tanah Datar Perlu Direvisi Zuldafri Darma

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dalam mewujudkan ruang wilayah kabupaten yang serasi, selaras dan seimbang antara lingkungan alam dan lingkungan binaan maka diperlukan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2011 – 2031.

Hal itu disebutkan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka Forum Group Discussion (FGD), Jum’at (18/10) malam di Hotel Sumpur Malalo Batipuh Selatan.

“Tujuan revisi itu dapat dicapai melalui pengaturan, pengendalian serta pemanfaatan struktur dan pola ruang wilayah Kabupaten yang berbasis pertanian, pariwisata serta mempertimbangkan mitigasi bencana untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan masyarakat berlandaskan ABS SBK,” ujar Wabup.

Karena itu, harap Wabup, Kepala OPD peserta FGB agar mengikuti kegiatan dengan baik dan serius. “Sengaja FGD ini dirancang di hotel ini yang jaraknya relatif jauh dari pusat kota, sehingga diharapkan para peserta fokus dan serius mengikuti kegiatan ini untuk Tanah Datar semakin baik kedepannya,” ujar Zuldafri.

Sementara itu, ketua pelaksana Harniwati yang juga Kabid Tata Ruang Dinas PUPR menyampaikan, revisi RTRW harus dilaksanakan karena ada perubahan aturan dan peraturan oleh Pemerintah Pusat.

“Dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini berpedoman pada Undang-undang nomor 26/2007 tentang penataan ruang, PP 15/2010 tentang penyelenggaraan penataan ruang, Permen ATR nomor 1/2018 tentang pedoman penyusunan RTRW dan Permendagri nomor 7/2008,” katanya.

Dikatakan, kegiatan dihadiri seluruh OPD, camat, PDAM dan beberapa instansi terkait.
Juga hadir saat itu Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Ekonomi dan Pembangunan dan leading sektor Kadis PUPR. (h/fma)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]